Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

PRAYITNO; PENERAPAN PEMIKIRANNYA PADA SEKOLAH PPSP IKIP PADANG DAN SEKOLAH PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP 1974-2014

Adityodehaal Adityodehaal (Universitas Andalas)
Nopriyasman Nopriyasman (Universitas Andalas)
Muhammad Nur (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Kepemimpinan kharismatis adalah kepemimpinan yang berdasarkan kepercayaan, kepatuhan, dan kesetiaan para pengikutnya. Ini timbul dari kepercayaan yang penuh kepada pemimpin yang dicintai, dihormati dan dikagumi. Hal yang menarik dari Prayitno adalah, selain sebagai dosen yang mengajar bimbingan konseling di IKIP Padang dengan mobilitas kesibukkan yang tinggi, Prayitno masih bersedia untuk mengelola sekolah di dua periode yang berbeda yaitu: PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan) dan sekolah pembangunan KORPRI UNP. Hal yang menarik lainnya dari Prayitno sebagai Direktur sekolah pembangunan laboratorium UNP adalah pendekatannya yang humatistik dalam pengembangan dan peningkatan mutu sekolah. Fakta ini dapat dilihat dengan hubungan harmonis antara dewan direktur sekolah pembangunan laboratorium dengan kepala sekolah dan guru-guru yang mengajar pada sekolah laboratorium UNP (SD, SMP, SMA). Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana penerapan pemikiran Prayitno di PPSP IKIP Padang dan sekolah pembangunan laboratorium UNP (1974-2014). Metode yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Selain sumber tertulis, data juga didapat melalui sumber lisan, yaitu mewawancarai orang-orang yang dekat dan mengetahui tentang kehidupan seorang Prayitno. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh informasi bahwa Prayitno lahir pada tanggal 21 Desember 1940. diSidareja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. beberapa inovasi yang dilakukan Prayitno sewaktu menjadi Direktur sekolah pembangunan laboratorium UNP adalah: LWS (Lingkar Wilayah Sekolah), Jurusan Bahasa di SMA Pembangunan laboratorium UNP, Pemberian Reward Bagi siswa yang berprestasi, Ideologi Lima-i dalam proses pembelajaran, langkah-langkah yang dikembangkan Prayitno dalam pembelajaran tidak menolak prosedur pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, bagi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...