Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

Nur Fitri Aisyah (Universitas Sriwijaya)
Zuriah Susilawati (Universitas Sriwijaya)
Riyanto Riyanto (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pada siklus I ketuntasan klasikalnya sebesar 84%, dan pada siklus II ketuntasan klasikalnya mencapai angka 95%. Peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus II ialah sebesar 83,81%, walaupun angka peningkatan tidak mencapai 100% tetapi upaya yang dilakukan telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Maka disimpulkan bahwa, model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan kelas X.1 di SMA Negeri 2 Palembang, berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...