Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

BUDAYA MEMBACA MAHASISWA DITINJAU DARI DUKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BACA

Laurensius Laka (Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral)
Jhon Daeng Maeja (Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Kegiatan membaca memiliki beberapa manfaat, terutama dalam mendorong kemajuan peradaban suatu bangsa. Namun di Indonesia, belum semua kelompok masyarakat mengadopsi budaya membaca, bahkan kalangan terpelajar seperti mahasiswa pun masih menghadapi krisis terkait hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga dan minat baca terhadap budaya membaca mahasiswa Program Studi Pelayanan Pastoral STP-IPI Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara variabel Minat Baca (X1) dan Dukungan Keluarga (X2) dengan variabel Budaya Membaca (Y), dengan nilai R sebesar 0,736. Uji hipotesis secara simultan (uji-F) menunjukkan variabel Minat Baca (X1) dan Dukungan Keluarga (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Budaya Membaca (Y), sig. 0.000 < 0.05, dengan arah positif. Selain itu, uji-t mengungkapkan bahwa minat baca dan dukungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap budaya membaca, dengan sig. nilai masing-masing 0,006 < 0,05 dan 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, penelitian ini menegaskan bahwa perkembangan budaya membaca dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan minat baca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...