Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi motion graphic yang layak digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS materi proses fotosintesis pada tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and development (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE. Sampel data penelitian ini adalah 97 peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Pontianak Selatan dan 2 orang validator ahli yang terdiri ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan mendapatkan penilaian validitas menurut validator ahli materi pada aspek isi, penyajian, dan bahasa memperoleh nilai persentase 88,00% dengan kriteria “Sangat Valid”, dan menurut validator ahli media pada aspek spartial, temporal, live action, dan typographic memperoleh nilai persentase 91,16% dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil ini didukung dari hasil kegiatan uji coba produk dan mendapat respon dari peserta didik kelompok kecil memperoleh nilai persentase 80,66% yang merupakan kriteria “Sangat Praktis”, dan respon kelompok besar memperoleh nilai persentase 83,65% yang merupakan kriteria “Sangat Praktis”. Dengan demikian disimpulkan bahwa video animasi motion graphic layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023