Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

Pengembangan E-Modul Pembelajaran Geografi di Indonesia Berbasis Flipbook di SMA/ MA

Melia Fitri Yani (Universitas Jambi)
Muhammad Ali (Universitas Jambi)
Indryani (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul untuk pembelajaran geografi berbasis flipbook materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi, (2) mengetahui uji kelayakan produk e-modul berbasis flipbook untuk pembelajaran geografi materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi, dan (3) mengetahui tanggapan guru dan peserta didik terhadap produk e-modul berbasis flipbook untuk pembelajaran geografi materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan Lee dan Owens (2004) terdiri dari lima tahap, yaitu penilaian/analisis (assessment/analysis) yang meliputi analisis kebutuhan (need assessment) dan analisis awal akhir (front-end analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan e-modul dilakukan oleh ahli materi/ isi dan ahli media, serta diimplementasikan kepada 33 peserta didik kelas XI IPS MAN Insan Cendekia Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan e-modul untuk pembelajaran geografi berbasis flipbook dilakukan dengan 5 (lima) tahapan model Lee dan Owens yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, (2) uji kelayakan e-modul untuk pembelajaran geografi berbasis flipbook diperoleh hasil validasi ahli materi/ isi 77,33% dengan kategori layak dan hasil validasi ahli media diperoleh nilai 96,00% dengan kategori sangat layak, (3) tanggapan guru geografi terhadap produk e-modul untuk pembelajaran geografi berbasis flipbook diperoleh nilai 98,00% dengan kategori sangat layak, tanggapan peserta didik berdasarkan uji coba satu per satu diperoleh nilai 93,80%, uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 84,61%, dan uji coba kelompok besar diperoleh nilai 93,86% dikategori sangat layak digunakan oleh peserta didik secara tatap muka maupun mandiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...