cover
Contact Name
M. Kamal
Contact Email
eduinsan75@gmail.com
Phone
+6282210210100
Journal Mail Official
eduinsan75@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Jambi Muara Bulian KM. 21 Kel. Pijoan Kec. Jambi Luar Kota Provinsi Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Bina Ilmu Cendekia
ISSN : -     EISSN : 27223612     DOI : https://doi.org/10.46838/jbic.v1i1.1
Core Subject : Education,
Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning Environments,Teacher Education,Educational Technology,Educational Developments
Articles 31 Documents
EMPOWERMENT OF PKK ORIENTED READY-TO-USE PRODUCTS TOWARDS INDEPENDENT BUSINESS GROUP IN BOYOLANGU SUB-DISTRICT, BANYUWANGI REGENCY: PEMBERDAYAAN PKK BERORIENTASI PRODUK SIAP PAKAI MENUJU KELOMPOK USAHA MANDIRI DI KELURAHAN BOYOLANGU KABUPATEN BANYUWANGI Harwanti Noviandari
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The emergence of used goods business has an impact on the impression of a slum that appears in Boyolangu Village, making Boyolangu village a pandemic area for dengue fever. To change this condition, approaches are needed that must be carried out, one of which is strengthening the PKK organization while the problems faced by the PKK are 1. The sewing skills carried out by the sub-district government are not sustainable. 2. Problems with very vulnerable families 3. Not familiar with business management and marketing strategies 4. Provision of production tools for business sustainability. From the problems faced by partners in Boyolangu Village who are urban residents who do not have the skills for independent businesses because there are no tools to develop businesses to increase economic income during a pandemic. The provision of sewing training becomes knowledge to become a ready-to-use production business. Forming a somasy group which is a training and mentoring approach that is given to partners to increase knowledge in solving family and environmental problems. Optimization of management and marketing is an effort to improve the economy of partners in Boyolangu Village. Solutions to problems can be provided based on the results of problem identification that become a reference in preparation, implementation, monitoring, evaluation and reporting. Boyolangu Village is growing with the emergence of ready-made businesses and the existence of a product marketing area. So that the Boyolangu village has a new identity as an independent village, which is a competitive advantage and bargaining power for ready-to-use products that are sought after by local and foreign consumers.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 NEGARA DENGAN PENDEKATAN DRIL Listiwikono Eko; Marhain Sri Sedar
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i1.4

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh: (1) hasil belajar siswa masih tergolong rendah; (2) Aktivitas belajar siswa kurang aktif; (3) metode pembelajaran guru cenderung masih konvensional; dan (4) siswa belum memiliki motivasi belajar yang baik. Kondisi ini ingin diubah melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Dril. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dengan langkah-langkah pokok: planning, acting, observing, reflekting dengan selalu melakukan revisi tindakan untuk menemukan hasil yang lebih baik atau akurat. Pengolahan datanya menggunakan teknik deskriptif  analitis. Dengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) aktivitas belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan keaktifan belajar  siklus I, dan II dengan rata-rata dari 77%  menjadi 94%   (2) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dapat dikatakan efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IX A  SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018yang dibuktikan dari hasil penelitian pada siklus I, dan II dengan rata-rata kelas meningkat, yaitu: dari 76  menjadi 78   serta ketuntasan belajar klasikal juga meningkat, yaitu: dari 67 %,  menjadi 86%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 NEGARA Andika Ronggo Gumuruh; Tofan Priananda Adinata
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i1.5

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, dirancang untuk mengkaji penerapan pembelajaran model “Problem Based Learning” dalam meningkatkan kemampuan pemahaman HAM dalam mata pelajaran PKn siswa kelas VII  SMP Negeri 3 Negara Kabupaten Jembrana.  Melalui model Problem Based Learning ini terlihat hubungan siswa dengan guru sangat signifikan karena guru tidak dianggap sosok yang menakutkan tetapi sebagai fasilitator dan mitra untuk berbagi pengalaman sesuai dengan konsep kreatif learning yaitu melalui discovery dan invention serta creativity and diversity sangat menunjol dalam model pembelajaran ini. Dengan model problem based learning guru hanya mengarahkan strategi yang efektif dan efisien yaitu belajar bagaimana cara belajar (learning how to learn). Dalam metode learning how to learn guru hanya sebagai guide (pemberi arah/petunjuk) untuk membantu siswa jika menemukan kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan masalahBerdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa model Problem Based Learning  dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah HAM dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII H semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMPN 3 Negara.
أخطاء الدارسين فى استخدام الأفعال المتعدية بحرف الجر : (KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN VERBA TRANSITIF DENGAN PREPOSISI) Syaiful Rahmat
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study aims to identify the student’s linguistic errors in using the transitive verbs with the letter of traction. The study was conducted at First Grade Students in the State Islamic High School of Insan Cendekia of North Tapanuli Indonesia. The method used by the researcher in this study is the descriptive and error analysis method. The researcher took 30 students as sample of study. After the study was conducted and the results has showed errors of linguistics in using synonyms as follows: 1) Ignorance of rule restriction, 2) false concepts hypothesized, 3) Mother Tongue Interference, 4) Psychological factors such as forgetfulness, haste, fatigue, anxiety, laziness, illness and others.
Pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap Kesiapan Generasi Milenial dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Hazmin Nabit Alfayyadh; Mubaid Isngari; M. Bustanul Arifin
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah terhadap kesiapan generasi milenial dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Manfaat penelitian untuk menjadikan OSIS MAN Insan Cendekia Jambi agar dapat dijadikan sebagai media untuk menyiapkan generasi milenial untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan langkah angket dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa persentase dengan rumus P = f/N x 100% sehingga didapatkan data berupa angka yang kemudian di klasifikasikan berdasarkan kriteria menurut Arikunto. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling dengan jumlah 30 responden yang terdiri dari anggota dan pengurus OSIS MAN Insan Cendekia Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN Insan Cendekia Jambi memilki pengaruh terhadap kesiapan generasi milenial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 sebesar 78%. Artinya ada 22% faktor lain yang mempengaruhi kesiapan generasi milenial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BATANG HARI MEMBENTUK KETELADANAN DALAM PERILAKU Fahri Firdaus Djong; M. Rusdi; Hary Soedarto Sarjono
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This research aims to know: (1) The process of multimedia development of website-based learning on the subjects of Sociology, (2) information on the feasibility of multimedia products based learning website on the subjects of sociology grade X class Madrasah AliyahThis method of research is Research and Development (R&D) with the development method of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research was located at MAN 1 Batang Hari in March 2020. Data collection instruments are observations and polls. This multimedia learning feasibility is assessed by a team of learning design experts, website design experts, material experts and practitioners.The results explained that: (1) Multimedia based website learning has been developed with the address http://digsostory.com. (2) Multimedia-based learning website on the subject of sociology of class X Madrasah Aliyah Negeri 1 Batang Hari deserves to be used as a learning media after the interview and validation by experts and practitioners. Keywords: multimedia learning, the subjects of the sociology, website-based learning, Research and Development
PERANAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI TERHADAP PEMBELAJARAN IPS Dl MTS NEGERI 1 BANYUANGI Abdul Shomad; Ayip Misdi R
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Krisis akhlak telah menerpa semua lapisan masyarakat. Krisis akhlak tersebut bukan hanya terjadi pada orang tua, orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak usia sekolah. Berbagai upaya dalam rangka menyiapkan kondisi, sarana/prasarana, kegiatan, pendidikan, dan kurikulum yang mengarah kepada pembentukan watak dan budi pekerti generasi muda bangsa memiliki landasan hukum yang kuat telah dilakukan oleh bangsa ini melalui jalur pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI MILENIAL DI ERA 4.0 Deka Oktaviana; Yulleila; Maryana
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era revolusi 4.0 saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi. Untuk memasuki era 4.0., diperlukan sumber daya manusia yang memadai, seperti yang dijelaskan Trina Fizzanty peneliti P2 KMIptekin LIPI, mengenai kondisi Indonesia dalam awal era Revolusi Industri 4.0. Indonesia memiliki bonus demografi dan dengan profil penduduk pengguna internet yang mencapai 54,68%, yaitu 143 juta dari total 243 juta penduduk. Namun, Indonesia masih perlu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesiapan Generasi Milenial Menghadapi Era 4.0 melalui Penerapan pembelajaran berbasis E-Learning di MAN Insan Cendekia Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Guru di MAN Insan Cendekia Jambi telah mendapatkan sosialisasi tentang penerapan e-learning, serta sudah menerapkan pembelajaran e-learning kepada siswa di MAN Insan Cendekia Jambi. Sedangkan bagi siswa, siswa selalu membawa dan menggunakan laptop dalam pembelajaran sehari-hari, media-media pembelajaran e-learning telah dilaksanakan di MAN Insan Cendekia Jambi dalam pembelajaran e-learning-nya, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran e-learning sudah sangat maksimal penggunaan dan pelaksanaannya, Pembelajaran e-learning membawa dampak yang sangat positif bagi siswa, dan e-learning merupakan bentuk pembiasaan teknologi yang baik disadari ataupun tidak, akan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mempersiapkan generasi milenial menghadapi era 4.0.
ANALISA KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI Brillyan Gita Abigamika Arimbawa; Miftahul Arifin; Siti Napisah
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mahasiswa program studi bimbingan konseling di Universitas PGRI Banyuwangi, maka aktivitas mahasiswa yang bersangkutan akan terganggu, baik aktivitas sehari-harinya maupun aktivitasnya sebagai mahasiswa. Jika hal ini terus dibiarkan maka mahasiswa yang bersangkutan tidak bisa menjadi lulusan yang berkompeten di bidang konseling. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitif dengan pendekatan fenomenologi dengan hasil penelitian adalah Aplikasi Whatsapp merupakan media sosial yang paling sering diakses oleh mahasiswa program studi bimbingan konseling Universitas PGRI Banyuwangi, yaitu dari 61 responden mahasiswa, sebanyak 55 mahasiswa (90,2%) paling sering mengakses media sosial ini. Dan Intensitas mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas PGRI Banyuwangi dalam mengakses media sosial termasuk kategori sedang. Terbukti dari data yang telah dianalisa menunjukkan dari 61 mahasiswa yang menjadi responden penelitian, sebanyak 12 mahasiswa (19,67%) memiliki intensitas mengakses media sosial dalam kategori rendah, 30 mahasiswa (49,18%) memiliki intensitas mengakses media sosial dalam kategori sedang dan 19 mahasiswa (31,14%) memiliki intensitas mengakses media sosial dalam kategori tinggi
STUDI DESKRIPTIF DAMPAK PSIKOLOGIS MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI DI MASA PANDEMI COVID-19 Retno Permatasari
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bagi para mahasiswa tingkat akhir khususnya prodi Bimbingan dan Konseling yang sedang mengerjakan tugas akhir (skripsi) sangat mengalami masalah-masalah yang terjadi dikarenakan wabah COVID-19, salah satunya adalah karena umumnya layanan konseling harus dilakukan dengan bertatap muka, sulitnya mencari topik atau judul di tengah wabah COVID-19, tidak bisa keluar rumah sebagaimana biasa untuk melakukan penelitian atau riset lapangan, sekolah-sekolah yang liburkan sehingga tidak bisa melakukan konseling untuk mencari data yang relevan, terbatasnya teknologi yang dimiliki oleh siswa, tidak bisa berkumpul dan diskusi bersama teman, dosen yang sulit ditemui, proses bimbingan yang dilakukan secara online dirasa kurang maksimal di kondisi pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai ini. Kebijakan dari pemerintah ini ikut membuat mahasiswa terhambat dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan dengan jumlah informan 6 orang yang terdiri dari 3 mahasiswa dan 3 dosen. Hasilnya adalah terdapat dampak psikologis pada mahasiswa penyusun skripsi pada masa pandemi COVID-19. Dampak psikologis antaranya stress, cemas berkomunikasi, takut, gelisah, sulit tidur, dan jenuh. Stres pada mahasiswa BK yang sedang menyusun skripsi termasuk pada kategori stres tingkat tinggi akibat personal stressor.

Page 1 of 4 | Total Record : 31