cover
Contact Name
M. Kamal
Contact Email
eduinsan75@gmail.com
Phone
+6282210210100
Journal Mail Official
eduinsan75@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Jambi Muara Bulian KM. 21 Kel. Pijoan Kec. Jambi Luar Kota Provinsi Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Bina Ilmu Cendekia
ISSN : -     EISSN : 27223612     DOI : https://doi.org/10.46838/jbic.v1i1.1
Core Subject : Education,
Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning Environments,Teacher Education,Educational Technology,Educational Developments
Articles 33 Documents
KEBUTUHAN AKAN SDM SUATU DOKTRIN EKONOMI (KONSEP SDM, IDENTIFIKASI NILAI SDM, PENAWARAN DAN PERMINTAAN TENAGA KERJA DAN KARAKTERISTIK TENAGA TERDIDIK) M. Kamal
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i1.1

Abstract

Tonggak sejarah yang teramat penting dalam menandai diperlukannya sumber daya manusia adalah timbulnya Revolusi Industri. Perkembangan dari Revolusi Industri telah menunjukkan pengaruh yang sangat kuat pada perkembangan manajemen pada umumnya dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) pada khususnya. Dampak Revolusi Industri tidak hanya merubah cara produksi, tetapi juga penanganan sumber daya manusia yang berbeda dengan sebelumnya. Fokus MSDM dalam perusahaan maupun organisasi adalah manusia dan bagaimana memotivasi manusia agar menjadi manusia yang produktif. Manajemen SDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan atau staff adalah manusia – bukan mesin – dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis, oleh karena itu, dalam manajemen SDM pada penerapannya harus memperhatikan prinsip-prinsip manajemen SDM. Muncullah istilah Human Resources) dan Human Capital, memandang Sumber Daya Manusia bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan dan bukan sebagai beban (cost). Artikel ini membicarakan tentang konsepsi SDM dan identifikasi nilai SDM sehingga dikatakan bahwa SDM sebagai sesuai yang sangat berharga dan bernilai tinggi dalam organisasi. Pentingnya penawaran dan permintaan tenaga kerja serta karakteristik tenaga kerja dengan melihatnya melalui 2 aspek utama, yaitu aspek kemampuan dan kualitasnya, hal ini juga dibicarakan secara singkat dan tepat dalam artikel ini selanjutnya .
IMPLEMENTASI KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI MEDIA CHARACTER BUILDING PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Firmansyah Arief; Yulleila
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan besar ekonomi global seiring dengan munculnya revolusi industri yang menyebabkan terjadinya otomatisasi di setiap bidang. Era revolusi industri 4.0 ini mengikis aktivitas dan pekerjaan manusia yang terikat secara fisik. Revolusi industri 4.0 ini selain menjadi solusi juga menjadi tantangan bagi manusia. Generasi muda yang tidak paham akan arus globalisasi akan tenggelam oleh peradaban jika tidak segera beradaptasi. Dalam rangka menyambut era revolusi industri 4.0 diperlukan adanya penanaman keterampilan-keterampilan yang dapat menunjang daya saing generasi muda di masa depan, salah satunya dengan menanamkan karakter dan keterampilan kewirausahaan kepada siswa-siswi sebagai generasi muda sebagai media character building di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk “mendeskripsikan implementasi keterampilan kewirausahaan sebagai media character building pada era revolusi industri 4.0 di MAN Insan Cendekia Jambi”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keterampilan kewirausahaan dan character building saling mendukung satu sama lain. 2) Menanamkan keterampilan dan karakter kewirausahaan kepada siswa-siswi sebagai bekal menghadapi persaingan global dan revolusi industri 4.0. Adapun saran dari penelitian ini adalah, 1) Untuk sekolah dan lembaga pendidikan lainnya, diperlukan adanya implementasi keterampilan kewirausahaan sebagai salah satu media character building di lembaga masing-masing. 2) Untuk Pemerintah daerah agar dapat mengadakan pembinaan keterampilan kewirausahaan untuk putra daerah masing-masing. Berdasarkan hal tersebut, dapat dinyatakan bahwa penerapan keterampilan kewirausahaan sebagai media character building pada era revolusi industri 4.0 di sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya terbukti sangat efektif dalam membentuk generasi muda yang mampu bersaing di era revolusi industri 4.0.
PERAN PROGRAM KEUNGGULAN KEAGAMAAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA Fadhilah M. Dzaki; Rapidah
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja saat ini. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi untuk menyelesaikan masalah ini.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran program keunggulan keagamaan sebagai pendidikan karakter dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja saat ini terjadi karena kurangnya pendidikan karakter anak saat masih kecil sehingga saat remaja tertanam nilai karakter yang kurang baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah siswa-siswi MAN Insan Cendekia Jambi. Data berasal dari hasil observasi dan wawancara mengenai peran program keunggulan keagamaan sebagai pendidikan karakter dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Sumber data berasal dari informan penelitian yang menjadi narasumber penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran program keunggulan keagamaan sebagai pendidikan karakter dapat mengatasi penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Peran tersebut tersebut termasuk ke dalam program keasramaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh siswa-siswi MAN Insan Cendekia Jambi, sehingga terbentuk remaja yang agamis, berakhlak, bekarakter, intelektual, dan anti narkoba. Hal ini membuat remaja (siswa-siswi MAN Insan Cendekia Jambi) terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Saran dalam penelitian ini pertama, program keunggulan keagamaan dapat menjadi salah satu pilihan sekolah untuk memberikan pendidikan karakter kepada siswa-siswinya sebagai salah satu upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan yang kedua diharapkan kementrian agama republik Indonesia (pemerintah) dapat  menerapkan program keunggulan keagamaan di sekolah umum yang ada di setiap provinsi khususnya daerah.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 NEGARA DENGAN PENDEKATAN DRIL Listiwikono Eko
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i1.4

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh: (1) hasil belajar siswa masih tergolong rendah; (2) Aktivitas belajar siswa kurang aktif; (3) metode pembelajaran guru cenderung masih konvensional; dan (4) siswa belum memiliki motivasi belajar yang baik. Kondisi ini ingin diubah melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Dril. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dengan langkah-langkah pokok: planning, acting, observing, reflekting dengan selalu melakukan revisi tindakan untuk menemukan hasil yang lebih baik atau akurat. Pengolahan datanya menggunakan teknik deskriptif  analitis. Dengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) aktivitas belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan keaktifan belajar  siklus I, dan II dengan rata-rata dari 77%  menjadi 94%   (2) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dapat dikatakan efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IX A  SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018yang dibuktikan dari hasil penelitian pada siklus I, dan II dengan rata-rata kelas meningkat, yaitu: dari 76  menjadi 78   serta ketuntasan belajar klasikal juga meningkat, yaitu: dari 67 %,  menjadi 86%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 NEGARA Andika Ronggo Gumuruh; Tofan Priananda Adinata
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i1.5

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, dirancang untuk mengkaji penerapan pembelajaran model “Problem Based Learning” dalam meningkatkan kemampuan pemahaman HAM dalam mata pelajaran PKn siswa kelas VII  SMP Negeri 3 Negara Kabupaten Jembrana.  Melalui model Problem Based Learning ini terlihat hubungan siswa dengan guru sangat signifikan karena guru tidak dianggap sosok yang menakutkan tetapi sebagai fasilitator dan mitra untuk berbagi pengalaman sesuai dengan konsep kreatif learning yaitu melalui discovery dan invention serta creativity and diversity sangat menunjol dalam model pembelajaran ini. Dengan model problem based learning guru hanya mengarahkan strategi yang efektif dan efisien yaitu belajar bagaimana cara belajar (learning how to learn). Dalam metode learning how to learn guru hanya sebagai guide (pemberi arah/petunjuk) untuk membantu siswa jika menemukan kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan masalahBerdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa model Problem Based Learning  dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah HAM dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII H semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMPN 3 Negara.
أخطاء الدارسين فى استخدام الأفعال المتعدية بحرف الجر : (KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN VERBA TRANSITIF DENGAN PREPOSISI) Syaiful Rahmat
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.17

Abstract

The study aims to identify the student’s linguistic errors in using the transitive verbs with the letter of traction. The study was conducted at First Grade Students in the State Islamic High School of Insan Cendekia of North Tapanuli Indonesia. The method used by the researcher in this study is the descriptive and error analysis method. The researcher took 30 students as sample of study. After the study was conducted and the results has showed errors of linguistics in using synonyms as follows: 1) Ignorance of rule restriction, 2) false concepts hypothesized, 3) Mother Tongue Interference, 4) Psychological factors such as forgetfulness, haste, fatigue, anxiety, laziness, illness and others.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN PAPEL INTERAKSI PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SDN 03 PANCUR BERBASIS LESSON STUDY Brian Priyangga; Sri Utaminingsih; Deka Setiawan
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa menggunakan model circuit learning berbasis lesson study di kelas V SDN 03 Pancur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi keterampilan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa siklus I memperoleh nilai 69, pada siklus II 84. Keterampilan guru siklus I mencapai 73%, pada siklus II 90%. Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 69, pada siklus II 84. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model circuit learning berbantuan papel interaksi berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 03 Pancur.
SISTEM PENGAJUAN DAFTAR USUL PENETAPAN ANGKA KREDIT (DUPAK) GURU DAN PENGAWAS KEMENAG PROV. JAMBI GOLONGAN IV/A KE IV/b dI MASA PANDEMI COVID 19 elfandi putra
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.50

Abstract

Abstract Teachers and Supervisors with the status of ASN have the right guaranteed by the Law to propose promotions in each period. Teachers and supervisors are declared to be promoted to a higher level if the person concerned has a Credit List Proposal List (DUPAK) value reaching the determined cumulative Credit Score (AKK). Besides AKK, Performance Assessment (PK) and Scientific Publication (PI) assessment must also be fulfilled. The assessment output in the form of Teacher and Supervisor Credit Score (PAK) is determined based on the total value of the calculation of physical evidence contained in the Proposed Credit Determination List (DUPAK). The DUPAK assessment process will be assessed and evaluated by an nationally certified assessor team. Over the past years, precisely before the DUPAK proposal for the October 2020 period, proposing and calculating credit numbers in DUPAK still used conventional methods (by paper). These conventional methods certainly require a lot of paper, including binding, and sending DUPAK so that it consumes a lot of time and money. In addition to the process of preparing and sending DUPAK, the verification and assessment process by the assessment team was also forced to be carried out manually as well, including an assessment team meeting to determine the results of the forced evaluation must also be carried out face-to-face. Proposal and evaluation of DUPAK in conventional ways is certainly no longer effective and efficient in the 4.0 era as it is today, especially since the atmosphere is still in the 19th Pandemic era. The government banned activities and activities that gathered large numbers of people during the 19th pandemic. Therefore, to overcome this problem the government, in this case the Indonesian Ministry of Religion through the Director General of Islamic Education issued a regulation contained in the Secretariat General Letter of the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia Number B-16308 / B.II / 4 / Kp.01.2 / 05/2020 May 6 2020, the contents of which are dated May 12, which requires DUPAK proposers to make the online submission process. The Ministry of Religion's Civil Service Bureau has developed a method and system for proposing DUPAK teachers and supervisors online, so that the process of proposing and calculating credit numbers is fast and accurate. This new system is built based on online applications, in which there are features that contain elements of activities whose credit numbers will be assessed. Each teacher and supervisor who proposes the rank registers and has their own account. Login through the account that has been made is used by the proposer for data entry required.According to the authors, procedurally and formal legality, the old system and the new system are not much different. But in terms of work effectiveness, the new system is far more effective than conventional methods (by paper). the fundamental difference also lies in the function of online application-based computer technology in the file upload process, so as to shorten the DUPAK submission and assessment process. This research will describe the data and facts arising from an act of using an online application system. The online application in this action research is Simpeg-5 released by the Republic of Indonesia Civil Service Bureau for proposing DUPAK with rank IV / a to IV / b in the period of October 2020.
GTA: EDUKASI LALU LINTAS BERBASIS APLIKASI Muhammad Adib Alfathin; Maryana; Yulleila
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i2.52

Abstract

Kecelakaan lalu lintas pada umumnya terjadi karena kelalaian manusia atau pengendara. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan pengendara mengenai peraturan lalu lintas. Oleh karenanya diperlukan pengetahuan lalu lintas sejak dini. Di era digital ini, untuk memberikan pengetahuan mengenai peraturan lalu lintas dapat menggunakan aplikasi/game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan game GTA: Good Traffic Attitude sebagai sarana pengenalan tata tertib dan peraturan serta perilaku dalam berlalu lintas untuk anak-anak dan remaja serta dampaknya. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) untuk penelitian yang dan perancangan hasil penelitian yang menghasilkan sebuah rancangan aplikasi/game. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan. Model pengembangan ini menggunakan lima tahapan yaitu: 1) Analisa kebutuhan, 2) Desain, 3) Analisa perancangan, 4) Metode pengembangan, 5) Metode implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan perancangan game edukasi Good Traffic Attitude dapat dikembangkan dan dapat menjadi sarana edukasi pengenalan tata tertib, peraturan dan perilaku dalam berlalu lintas. Perancangan game GTA diharapkan bisa menjadi bahan ide guna pengembangan game selanjutnya. Game GTA berdampak pada: 1) Pengetahuan terhadap tata tertib, peraturan dan perilaku dalam berlalu lintas, 2) Menciptakan keselamatan dalam berkendara dan berlalu lintas, 3) Menciptakan kondisi lalu lintas yang aman, nyaman dan tertib, 4) Mewujudkan Indonesia Zero Accident. Rencana pengembangan tindak lanjut game GTA dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu: 1) Produksi Game, 2) Penyebaran (Distribusi) Game, 3) Launching dan Seminar Game.
Pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap Kesiapan Generasi Milenial dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Hazmin Nabit Alfayyadh; Mubaid Isngari; M. Bustanul Arifin
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v1i2.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah terhadap kesiapan generasi milenial dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Manfaat penelitian untuk menjadikan OSIS MAN Insan Cendekia Jambi agar dapat dijadikan sebagai media untuk menyiapkan generasi milenial untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan langkah angket dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa persentase dengan rumus P = f/N x 100% sehingga didapatkan data berupa angka yang kemudian di klasifikasikan berdasarkan kriteria menurut Arikunto. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling dengan jumlah 30 responden yang terdiri dari anggota dan pengurus OSIS MAN Insan Cendekia Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN Insan Cendekia Jambi memilki pengaruh terhadap kesiapan generasi milenial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 sebesar 78%. Artinya ada 22% faktor lain yang mempengaruhi kesiapan generasi milenial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Page 1 of 4 | Total Record : 33