Metodik Didaktik
Vol 19, No 1 (2023): Metodik Didaktik Juli 2023

PENGARUH ETNOMATEMATIKA CONGKLAK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS II SDN TELUK PUCUNG III

Lailatul Fajriyah (Unknown)
Dian Anggraeni Maharbid (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah penelitian yaitu; apakah pengaruh penggunaan etnomatematika permainan congklak terhadap pemahaman konsep materi pembagian siswa kelas II SDN Teluk Pucung III. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di SDN Teluk Pucung III proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Etnomatematika permainan congklak dapat digunakan sebagai cara lain dalam belajar matematika yang penerapannya dihubungkan dengan dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah dipahami. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quansi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan siswa kelas II SDN Teluk Pucung III tahun ajaran 2022/2023. Yang terdiri dua kelas yaitu IIA sebagai kelas eksperimen dan IIB sebagai kelas kontrol.  Instrumen dalam penelitian ini berupa tes, observasi dan dokumentasi. Tes hasil belajar pemahaman konsep yaitu pretest dan posttest disusun dalam bentuk essay. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26 untuk statistik deskriptif dan inferensial.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etnomatematika permainan congklak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II materi pembagian.  Dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 76, sedangkan kelas eksperimen sebesar 80, 37. Hasil uji t menunjukkan nilai Sig.( 2 thailed) 0,05 yaitu 0,000.

Copyrights © 2023