ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) strategi branding yang dilakukan oleh tim public relation hotel Grand Dafam Rohan dalam mempromosikan hotel mereka sebagai hotel syariah berbintang empat di Yogyakarta; 2) peluang dan hambatan yang terjadi ketika melakukan proses branding hotel Grand Dafam Rohan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Objek penelitian yang dipilih adalah hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai sumber data primer. Analisis data menggunakan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat tiga strategi branding yang sampai saat ini dirasa cukup mendapatkan feedback untuk Grand Dafam Rohan yaitu; a) Media Relations seperti mengundang beberapa rekan media untuk silaturahmi dengan lunch/dinner bersama di Grand Dafam Rohan, b) Corporate Social Responsibility (CSR) seperti mengadakan pemriksaan kesehatan gratis, kemudian karyawan hotel Grand Dafam Rohan ikut membersihkan masjid/musholla setempat yang berada di sekitar hotel Grand Dafam Rohan, c) Human Relations seperti mengadakan pengajian rutin untuk karyawan hotel Grand Dafam Rohan setiap bulan. 2) Peluang Grand Dafam Rohan dalam meningkatkan brand yaitu; a) Dengan banyaknya testimoni atau review baik tentang pelayanan Grand Dafam Rohan yang terdapat di berbagai macam platform seperti Google Reviews, Booking.com. 3) Hambatan yang dialami tim PR dalam proses branding Grand Dafam Rohan yaitu; a) Keterbatasan dana atau budget untuk melakukan promosi, dan b) Tidak selalu bisa berkerja sama dengan vendor EO dikarenakan alasan tertentu.Kata Kunci: strategi branding, public relations, hotel syariah
Copyrights © 2019