cover
Contact Name
Benni Setiawan
Contact Email
bennisetiawan@uny.ac.id
Phone
+6281578968008
Journal Mail Official
ilkom@uny.ac.id
Editorial Address
Department Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dań Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No. 1 Karangmalang Depok Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : ""     EISSN : 2988344X     DOI : https://doi.org/10.21831/
Core Subject : Education,
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication Studies.
Articles 166 Documents
MEDIA ONLINE SEBAGAI PILAR KELIMA DEMOKRASI (ANALISIS WACANA PADA PETISI ONLINE TERPOPULER PERIODE JANUARI – DESEMBER 2017 DI CHANGE.ORG) Puji Lestari; Suranto Suranto
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2018): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v1i1.12625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui makna media online Change.org sebagai pilar kelima demokrasi yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi; 2) konsep demokrasi yang diwacanakan dalam media online Change.org.  Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode analisis wacana model Teun A. van Dijk. Sedangkan objek penelitiannya adalah media online Change.org Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis teks, wawancara, dan studi pustaka. Teks yang dianalisis petisi berjudul “Selamatkan Beruang Kelaparan di Kebun Binatang Bandung” yang dibuat oleh Yayasan Scorpion Indonesia. Informan yang diwawancarai yaitu pengelola Change.org Indonesia, pembuat petisi, dan pengguna Change.org. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap analisis teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan, penyaluran aspirasi melalui Change.org dapat dilakukan dengan pembuatan petisi, penandatanganan petisi, dan aspirasi yang disampaikan melalui kolom komentar. Petisi dibuat oleh masyarakat dengan target yang spesifik serta berisi tuntutan yang jelas. Pihak Change.org memfilter petisi yang sekiranya melanggar ketentuan. Setelah petisi dibuat, diperlukan mobilisasi khalayak dengan cara eskalasi melalui media lain maupun aksi offline karena Change.org tidak dapat bekerja sendiri. Cara ini dilakukan supaya banyak orang yang ikut berpartisipasi menandatangani petisi. Demokrasi yang terbentuk merupakan demokrasi partisan yang disampaikan melalui media digital. Melalui media ini masyarakat tidak perlu berpartisipasi secara fisik. Media digital juga lebih memungkinkan tindakan kolektif warga karena sifatnya yang mudah diakses siapapun dan kapanpun. Hal ini tidak dapat ditemui di media massa yang hanya mampu mendiseminasi informasi satu arah. Kata kunci: Change.org Indonesia, demokrasi, analisis wacana, aspirasi
ANALISIS OPINI PUBLIK TERHADAP PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DI MEDIA SOSIAL TWITTER norika hidayati yusyah; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 2 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i2.18522

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkap opini publik terhadap program vaksinasi COVID-19 di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan konsep penelitian Social Media Analysis. Populasi penelitian yaitu semua tweet dari Twitter dengan kata kunci ‘Vaksin COVID-19’ yakni selama bulan Januari 2021, bulan Maret 2021 dan pada tanggal 12 – 19 Mei 2021. Teknik pengumpulan data Twitter menggunakan bantuan software MaxQDA Analytic dan Drone Emprit Academic. Peneliti menganalisis social big data menggunakan analisis isi dan statistik deskriptif dengan membandingkan hasil analisis pada 3 (tiga) periode waktu yang berbeda.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini publik mengalami bahwa terjadi kenaikan sentimen positif dan penurunan pada sentimen netral dan negatif. Selain itu, analisis emosi menunjukkan bahwa sebagian besar emosi publik memiliki 3 (tiga) emosi dominan yang sama yakni emosi “trust”, “ fear”, dan “anticipation” dengan urutan peringkat emosi yang tidak jauh berbeda pada tiap periode terhadap program vaksinasi COVID-19 di Twitter.Kata Kunci : opini publik, vaksin COVID-19, sentimen, emosi, twitter Abstrack            This research aims to analyze and uncover public opinion on related issues COVID-19 vaccination program on social media Twitter.This research used mixed methods of qualitative and quantitative approaches with the concept of Social Media Analysis. The population in this research are all tweets from Twitter with the keyword ‘Vaksin COVID-19’ on January 2021, March 2021, and May 12-19 2021. The Twitter data collection techniques are using the MaxQDA Analytic software and Drone Emprit Academic. Researchers further analyzed the social big data using content analysis and descriptive statistics by comparing the results of the analysis in three different periods.             The results show that there was an increase in positive sentiment and a decrease in neutral and negative sentiments towards the COVID-19 vaccination program on Twitter. In addition, emotion analysis showed that the majority of public emotions relied on three dominant emotions such as “trust”, “fear”, and “anticipation” with insignificant ranks of emotion for each periodKeyword : public opinion, COVID-19 vaccine, sentiment, emotion, twitter
STRATEGI BRANDING HOTEL GRAND DAFAM ROHAN SEBAGAI HOTEL SYARIAH “BINTANG 4” DI YOGYAKARTA ghea athania syahrani; pratiwi wahyu widiarti
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 5 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i5.16379

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) strategi branding yang dilakukan oleh tim public relation hotel Grand Dafam Rohan dalam mempromosikan hotel mereka sebagai hotel syariah berbintang empat di Yogyakarta; 2) peluang dan hambatan yang terjadi ketika melakukan proses branding hotel Grand Dafam Rohan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Objek penelitian yang dipilih adalah hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai sumber data primer. Analisis data menggunakan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat tiga strategi branding yang sampai saat ini dirasa cukup mendapatkan feedback untuk Grand Dafam Rohan yaitu; a) Media Relations seperti mengundang beberapa rekan media untuk silaturahmi dengan lunch/dinner bersama di Grand Dafam Rohan, b) Corporate Social Responsibility (CSR) seperti mengadakan pemriksaan kesehatan gratis, kemudian karyawan hotel Grand Dafam Rohan ikut membersihkan masjid/musholla setempat yang berada di sekitar hotel Grand Dafam Rohan, c) Human Relations seperti mengadakan pengajian rutin untuk karyawan hotel Grand Dafam Rohan setiap bulan. 2) Peluang Grand Dafam Rohan dalam meningkatkan brand yaitu; a) Dengan banyaknya testimoni atau review baik tentang pelayanan Grand Dafam Rohan yang terdapat di berbagai macam platform seperti Google Reviews, Booking.com. 3) Hambatan yang dialami tim PR dalam proses branding Grand Dafam Rohan yaitu; a) Keterbatasan dana atau budget untuk melakukan promosi, dan b) Tidak selalu bisa berkerja sama dengan vendor EO dikarenakan alasan tertentu.Kata Kunci: strategi branding, public relations, hotel syariah
PENGARUH RESPON VIEWERS TENTANG KONTEN FOOD VLOGGER @JOGJABIKINLAPER TERHADAP MINAT BELI MAKANAN DI YOGYAKARTA THE EFFECT OF VIEWERS' RESPONSE ABOUT THE CONTENT OF FOOD VLOGGER @JOGJABIKINLAPER ON INTEREST IN BUYING FOOD IN YOGYAKARTA qurlita syaharani; novianto yudha laksana
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19178

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh respon viewers tentang konten food vlogger @jogjabikinlaper terhadap minat beli makanan di Yogyakarta melalui respon dari viewers-nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan skala likert. Data yang diperoleh dilakukan dengan analisis uji asumsi klasik dan uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana. Seluruh pengujian dan analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara respon viewers tentang konten food vlogger @jogjabikinlaper (X) terhadap minat beli makanan di Yogyakarta (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,859 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi hasil uji kurang dari 0,05 sehingga penelitian ini menolak H0 dan menerima H1. Perubahan pada variabel bebas akan mempengaruhi sebesar 0,859 atau 85,9% terhadap perubahan pada variabel terikat.Kata Kunci : food vlogger, respon, minat beliAbstractThe purpose of this study was to determine the effect of viewers' responses on food vlogger @jogjabikinlaper's content on interest in buying food in Yogyakarta through responses from viewers. This study uses a quantitative approach with a survey method. The sample size of this study was 100 respondents. This study used a data collection technique in the form of a closed questionnaire with a Likert scale. The data obtained was carried out by classical assumption test analysis and hypothesis testing was carried out by simple linear regression analysis. All data testing and analysis were carried out with the help of IBM SPSS Statistics 25 software. The results of this study indicate that there is a significant positive effect between viewers' responses to the food vlogger @jogjabikinlaper (X)'s content and interest in buying food in Yogyakarta (Y). This is evidenced by the regression coefficient value of 0.859 with a significance level of 0.000. The significance level of the test results is less than 0.05 so this study rejects H0 and accepts H1. Changes in the independent variables will affect 0.859 or 85.9% of changes in the dependent variable.Keywords : food vlogger, response, buying interest
PENGARUH PENGGUNAAN TESTIMONI PEMBELI TERHADAP TINGKAT BRAND TRUST PADA PEMBELI ONLINE (Survei Terhadap Pembeli Online Shop Shopee pada Mahasiswa di Kecamatan Depok) Ardila Diana Putri; Chatia Hastasari
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh testimoni pembeli terhadap Brand trust pembeli online shop Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah Ex-Post Facto. Data yang digunakan merupakan data hasil pengisian kuesioner oleh para responden yang termasuk dalam kategori digital natives yaitu mahasiswa dalam rentang umur 18 sampai 25 tahun. Pengolahan data hasil kuesioner menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta dengan jumlah 30.651 mahasiswa aktif pada tahun 2018. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Multistage Random Sampling, dan ditentukan sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara testimoni pembeli terhadap brand trust/kepercayaan merek pada pembeli online dimana ????ℎ???????????????????? lebih besar dari ???????????????????????? (0,490 0,195). Hasil dari uji signifikansi menggunakan korelasi Product Moment menunjukkan jika hipotesis diterima sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara testimoni pembeli terhadap brand trust/kepercayaan merek pada pembeli online.Kata kunci : E-commerce, Testimoni, Brand trust, Online shop
Pengaruh karakteristik inovasi dan saluran komunikasi terhadap keputusan adopsi inovasi dompet elektronik Zulham Dwi Nugroho; Pratiwi Wahyu Widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i4.18538

Abstract

Peneletian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Pengaruh Karakteristik Inovasi dan Saluran Komunikasi secara bersama – sama terhadap Keputusan Adopsi Inovasi Dompet Elektronik pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, (2) Mengetahui pengaruh Karakteristik Inovasi terhadap Keputusan Adopsi Inovasi Dompet Elektronik pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, (3) Mengetahui Pengaruh Saluran Komunikasi terhadap Keputusan Adopsi Inovasi Dompet Elektronik pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel ditentukan dengan metode accidental sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Yamane. Jumlah sampel yang didapat sebanyak 100 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Teknik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket yang berisi pernyataan tertutup. Angket diuji validitas dengan korelasi product moment Pearson dan reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Karakteristik inovasi dan saluran komunikasi berpengaruh positif secara bersama – sama terhadap keputusan adopsi inovasi pada mahasiswa UNY sebesar 56,2% dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 0,05) (2) Karakteristik inovasi berpengaruh positif terhadap keputusan adopsi inovasi pada mahasiswa UNY, dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 0,05) (3) Saluran komunikasi berpengaruh positif terhadap keputusan adopsi inovasi pada mahasiswa UNY dengan nilai signifikasni 0,000 (0,000 0,05).This research aims to: (1) determine the effect of the characteristics of innovation and communication channels together on the decision to adopt e-wallet innovation in Yogyakarta State University students, (2) find out the effect of innovation characteristics on the decision to adopt e-wallet innovation in Yogyakarta state university students. (3) Knowing the Effect of Communication Channels on the Decision to Adopt Electronic Wallet Innovations in Yogyakarta State University Students. This research is a research with a quantitative approach. This research is an ex post facto research. The population of this research is Yogyakarta State University Students. The sample was determined by accidental sampling method and the number of samples was determined using the Yamane formula. The number of samples obtained were 100 students from the Faculty of Social Sciences, Faculty of Economics, Faculty of Sports Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Faculty of Education and Faculty of Engineering. This study uses a questionnaire data collection technique that contains closed statements. The questionnaire was tested for validity with Pearson's product moment correlation and reliability with Cronbach's Alpha. The data analysis technique used multiple linear regression test. The results showed: (1) The characteristics of innovation and communication channels have a positive effect on the decision to adopt innovation in UNY students by 56.2% with a significance value of 0.000 (0.000 0.05) (2) The characteristics of innovation have a positive effect on decisions innovation adoption in UNY students, with a significance value of 0.000 (0.000 0.05) (3) Communication channels have a positive effect on innovation adoption decisions in UNY students with a significant value of 0.000 (0.000 0.05).
ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP LIRIK LAGU “PERADABAN” AUDIENCE RECEPTION ANALYSIS OF SONG LYRICS “PERADABAN” charis hamdani; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 2 (2020): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v3i2.16840

Abstract

ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP LIRIK LAGU “PERADABAN” AUDIENCE RECEPTION ANALYSIS OF SONG LYRICS “PERADABAN”  Oleh: Charis Hamdani, 15419141027, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta charishmdn13@gmail.com  AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi khalayak terhadap makna pesan yang terkandung dalam lirik lagu Peradaban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi khalayak. Objek dalam penelitian ini adalah lagu dengan judul Peradaban milik grup musik .Feast. Sedangkan subjek atau informan dalam penelitian ini adalah para pendengar lagu Peradaban yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori analisis resepsi khalayak milik Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keseluruhan informan berada pada posisi pembacaan dominant hegemonic dalam memaknai pesan yang terkandung dalam lirik lagu Peradaban, informan dengan posisi pembacaan negotiated maupun oppositional tidak ditemukan. (2) dalam memaknai kondisi peradaban Indonesia berdasarkan lagu Peradaban, seluruh khalayk juga berada pada posisi pembacaan dominant hegemonic, posisi pembacaan negotiated maupun oppositional juga tidak ditemukan. (3) lima dari enam informan dalam peneltian ini memiliki pendapat bahwa lirik dalam lagu Peradaban tergolong frontal, namun konteks frontal dalam hal ini adalah frontal yang bersifat positif. Sedangkan satu informan berpendapat bahwa lirik dalam lagu Peradaban bukan bersifat frontal, melainkan kritis.Kata kunci: Kata kunci: analisis resepsi, pesan, Peradaban, .Feast AbstractThe purpose of this study is to determine audience reception of the meaning of the message contained in song lyric “Peradaban”. This study uses a qualitative approach with audience reception analysis methods. The object of this research is the song from .Feast with the title “Peradaban” , while the informants in this study were listeners of the song “Peradaban” which determined based on purposive sampling techniques. Data analysis was performed using Stuart Hall’s audience analysis reception theory. The results of this research show that: (1) all informants are in the position of dominant hegemonic reading in interpreting messages contained in song lyrics of Peradaban, informant with negotiated or oppositional reading position were not found. (2) in interpreting the condition of civilization in Indonesia based on the song of “Peradaban” all audiences are also in the position of dominant hegemonic reading. Informant with negotiated or oppositional reading position were not found. (3) five of six informants in this study thinks that the lyrics in the song of “Peradaban” are frontal, but the frontal context in this case is a positive frontal. While one informant think that the lyric in this song are not frontal but critical.Keywords: reception analysis, message, Peradaban, .Feast
Strategi komunikasi pemasaran Jeniusindo medical training organizer dalam memasarkan pelatihan kesehatan melalui Instagram Ike Ayu Ramadanti; Ulfah Hidayati
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v6i1.19246

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Jeniusindo dalam memasarkan jasanya melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala EO Jeniusindo, Manajer dan Bendahara bagian dari PERKI cabang Solo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran Jeniusindo melakukan riset dengan menggunakan Analisis SWOT yaitu Strength: kepercayaan dari PERKI; Weakness: tidak banyak tenaga kerja; Opportunity: memanfaatkan media sosial untuk pemasaran; Threats: adanya pesaing bisnis yang serupa. Kemudian Jeniusindo menggunakan marketing mix 7P dalam melakukan pemasaran sebagai berikut; Produk Jeniusindo yaitu menjual jasa sesuai dengan urgensi pelatihan kesehatan. Price yang ditentukan sesuai dengan peraturan. Place yang ditentukan Jeniusindo strategis dan mudah dijangkau. Promotion yang dilakukan Jeniusindo memanfaatkan media sosial Instagram dengan memanfaatkan Instagram Ads. People yang digunakan Jeniusindo tidak banyak. Process yang dilakukan Jeniusindo sistematis. Physical Evidence yang diterapkan oleh Jeniusindo memenuhi kebutuhan dalam pelatihan. Pemasaran Media sosial yang dilakukan Jeniusindo dengan memanfaatkan fitur Instagram Ads.Kata Kunci : komunikasi, pemasaran, marketing mix, Instagram, Jeniusindo. AbstrackThis research amis to find out the marketing communication strategy implemented by Jeniusindo in marketing its services through social media. This study uses a descriptive qualitative approach. Determination of informants using purposive sampling technique. The informants in this study were the Head of EO Jeniusindo, the Manager and Treasurer of the Solo branch of PERKI. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. Data checking techniques in this study used source triangulation. The results of this study show that in determining Jeniusindo marketing communication strategy, Jeniusindo conducts research using SWOT Analysis, namely Strength: trust from PERKI; Weakness: not much manpower; Opportunity: utilizing social media for marketing; Threats: the existence of similar business competitors. Then Jeniusindo uses the 7P marketing mix in marketing as follows; Jeniusindo product is selling services according to the urgency of health training. Price is determined in accordance with the regulations. The place determined by Jeniusindo is strategic and easy to reach. Promotion carried out by Jeniusindo utilizes Instagram social media by utilizing Instagram Ads. The people used by Jeniusindo are not many. The process carried out by Jeniusindo is systematic. The Physical Evidence applied by Jeniusindo meets the needs of the training. Social media marketing carried out by Jeniusindo by utilizing the Instagram Ads feature.Keywords : communication, marketing, marketing mix, Instagram, Jeniusindo
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PREKSU DAN HARA CHICKEN DI YOGYAKARTA ANALYSIS OF MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF PREKSU AND HARA CHICKEN IN YOGYAKARTA reiyugi sabilla; chatia hastasari
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 4 (2020): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v3i4.17060

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Preksu dan Hara Chicken beserta hambatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan terdiri dari tiga orang pada bidang marketing Preksu dan Hara Chicken, menggunakan teknik purposive sampling, Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan; Preksu dan Hara Chicken dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran melakukan riset segmentasi serta menggunakan media online dan offline. Untuk marketing mix empat “P” ditemukan sebagai berikut; Product (Produk) keduanya melakukan riset dan inovasi. Price (Harga) pada Preksu 1) Mempertimbangkan HPP, kompetitor dan segmentasi, 2) Berkisar Rp. 3.000 - Rp.20.000. Pada Hara Chicken 1) Mempertimbangkan lokasi, HPP dan segmentasi, 2) Berkisar Rp.3000 - Rp.15.000, Place (Tempat) pada Preksu 1) Terdapat 5 gerai, 2) Lingkungan strategis, dekat dengan segmentasi, dan disekitarnya ada pelaku usaha kuliner. Sedangkan pada Hara Chicken. 1) Terdapat 4 gerai, 2) Lingkungan strategis, jumlah kompetitor rendah dan dekat dengan kos-kosan. Untuk Promotion (Promosi) pada Preksu, 1) Pesan berupa value Preksu, 2) Melakukan advertising, personal selling dan sales promotion, 3) Menggunakan influencer food vlogger. Sedangkan pada Hara Chicken 1) Pesan berisi tagline #benerandigeprek, 2) Melakukan advertising, personal selling dan sales promotion. 3) Kerjasama dengan pelaku usaha lainnya. Hambatan pada Preksu ialah engagement yang tidak sesuai dengan jumlah followers dari influencer food vlogger dan bentuk promosi yang sama dengan pelaku usaha lainnya. Pada Hara Chicken engagement yang tidak stabil pada sosial media.Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Marketing Mix, Marketing Mix Empat “P”, Preksu, Hara ChickenAbstractThis research aims to describe Preksu and Hara Chicken's marketing communication strategies and their obstacles. This research uses a qualitative approach. The informant consists of three people in the field of marketing Preksu and Hara Chicken, using purposive sampling techniques, data collection using semi-structured interviews, observations and documentation. The validity of the data uses source triangulation. Analyze data using interactive models. The results showed; Preksu and Hara Chicken in determining marketing communication strategies to research segmentation and use online and offline media. For marketing mix four "P" are found as follows; Product both conduct research and innovation. Price on Preksu 1) Considering HPP, competitors and segmentation, 2) Ranging from Rp. 3.000 - Rp.20.000. At Hara Chicken 1) Considering location, HPP and segmentation, 2) Range from Rp.3000 - Rp.15.000, Place (Place) on Preksu 1) There are 5 outlets, 2) Strategic environment, close to segmentation, and surrounding culinary business. As for Hara Chicken. 1) There are 4 outlets, 2) Strategic environment, low number of competitors and close to costs. For Promotion on Preksu, 1) Message in the form of value Preksu, 2) Doing advertising, personal selling and sales promotion, 3) Using influencer food vlogger. While in Hara Chicken 1) Message contains tagline #benerandigeprek, 2) Doing advertising, personal selling and sales promotion. 3) Cooperation with other businesses. The obstacle to Preksu is engagement that does not match the number of followers of food vlogger influencers and the same form of promotion as other businesses. At Hara Chicken engagement is unstable on social media.Keywords : Marketing Communication Strategy, Marketing Mix, Marketing Mix Four "P", Preksu, Hara Chicken
STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS KABUPATEN KLATEN DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PEMERINTAH Bambang Setyomoko; Suranto Suranto
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 4 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i4.16343

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi media relations Humas Kabupaten Klaten dalam membangun citra positif pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian Humas Klaten, Kepala Sub Bagian Pembinaan Informasi dan Publikasi (PIP), Staf Pemberitaan dan Wartawan Solopos. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model Miles Hubberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas Kabupaten Klaten dalam melaksanakan strategi media relations sudah menerapkan enam strategi sebagai berikut: 1) Melayani media, 2) Membangun reputasi sebagai pihak yang dapat diandalkan, 3) Menyediakan salinan yang baik, 4) Bekerjasama dalam penyediaan materi, 5) Menyediakan fasilitas verifikasi, 6) membangun hubungan pribadi dengan media. Simpulan dari penelitian ini adalah Humas Kabupaten Klaten sudah menerapkan enam strategi tersebut, akan tetapi terdapat dua strategi yang belum dilakukan secara optimal yaitu melayani media dan menyediakan fasilitas verifikasi. Kata kunci: Strategi media relations, Citra positif, Humas Kabupaten Klaten

Page 1 of 17 | Total Record : 166