Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Cicil.co.id Dalam Meningkatkan Brand Awareness di Yogyakarta

Khoirunisa Nurdiandra Putri (ilkom fis uny)
Pratiwi Wahyu Widiarti (ilkom fis uny)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2022

Abstract

Abstrak   Penelitian ini membahas tentang Strategi komunikasi digital marketing yang dilakukan Cicil.co.id dalam upaya untuk meningkatkan brand awareness di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Cicil.co.id di Yogyakarta; dan (2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi Cicil.co.id dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran digital di Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi komunikasi pemasaran digital marketing Cicil.co.id terdiri dari pemanfaatan media sosial Instagram dan Adsencese, promo uang muka pada produk cicilan kampus, serta Key Opinion Leader yang dilakukan oleh Student Ambassador dalam meningkatkan order dan brand awareness di kalangan mahasiswa Yogyakarta. (2) Hambatan yang dialami oleh Cicil.co.id dalam menjalankan program unggulan dan strategi komunikasi digital marketing adalah (1) Hambatan internal berupa; instagram ads hanya di lakukan pada jangka waktu dan kota tertentu, tidak semua Student Ambassador Cicil.co.id melakukan promosi di saat yang bersamaan, dan penggunaan Key Opinion Leader yang masih sedikit frekuensinya sehingga tidak banyak berpengaruh pada conversion order. (2) Hambatan eksternalnya adalah kompetitor platform cicilan lain yang memiliki syarat dan ketentuan pengajuan cicilan lebih mudah dengan tenor atau jangka waktu yang lebih panjangKata kunci: Cicil.co.id, Strategi Komunikasi, Digital Marketing, Brand Awareness.Abstract            This study discusses the digital marketing communication strategy carried out by Cicil.co.id in an effort to increase brand awareness in Yogyakarta. This study aims to (1) describe the digital marketing communication strategy carried out by Cicil.co.id in Yogyakarta; and (2) To find out the obstacles faced by Cicil.co.id in implementing digital marketing communication strategies in Yogyakarta. The results of this study are (1) Cicil.co.id's digital marketing communication strategy consists of the use of Instagram and Adsense social media, down payment promos on campus installment products, and Key Opinion Leaders carried out by Student Ambassadors in increasing orders and brand awareness in Yogyakarta students. (2) The obstacles experienced by Cicil.co.id in carrying out superior programs and digital marketing communication strategies are divided into two. (1) Internal barriers in the form of; Instagram ads are only carried out for a certain period of time and city, not all Cicil.co.id Student Ambassadors do promotions at the same time, and the use of Key Opinion Leaders is still low in frequency and doesn't have much effect on conversion orders. (2) The external obstacle is competitors of other installment platforms that have terms and conditions for applying for easier installments with a longer tenor or period of time.Keywords: Cicil.co.id, Communication Strategy, Digital Marketing, Brand Awareness

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ilkom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication ...