Inovasi Pembelajaran berbasis karakter adalah inovasi yang dilakukan dengan menumbuhkan karakter siswa-siswi melalui kegiatan kegiatan yang dapat mengembangkan karakter positif anak. PP Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan pada Pasal 17 Ayat (3) menyebutkan bahwa pendidikan dasar bertujuan membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang (a) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; (b) berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur; (b) berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif; (c) sehat, mandiri, dan percaya diri; (d) toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggungjawab. Berdasarkan hal tersebut, jelas bahwa tujuan pendidikan di setiap jenjang sangat berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan karakter pada dasarnya dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Pembelajaran adalah wahana yang dirancang oleh pendidik secara sadar untuk mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran terwujudkandalam interaksi belajar-mengajar yang dinamis dan diarahkan kepadapencapaian tujuan, yaitu perubahan perilaku dan pribadi peserta didikyang optimal. Sehingga menumbukan karakter positif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Inovasi terhadap Karakter siswa melalui kegiatan pembiasaan di SDN Kertamaya . Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus dengan pendekatan Kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumen, wawancara, observasi. Partisipan penelitian ini yaitu, siswa-siswi SDN Kertamaya dan beberapa guru serta tenaga kependidikan di SDN Kertamaya. Hasil penelitian, menunjukan Inovasi pembelajaran berbasis Karakter dengan Kegiatan Pembiasaan di SDN Kertamaya. Kegiatan inovasi pembelajaran berbasis karakter dengan kegiatan pembiasaan di bagi menjadi beberapa komponen yaitu : literasi, Ekstrakulikuler, Solat Duha, Pembacaan Al-quran.
Copyrights © 2023