Jurnal Matematika, Komputasi dan Statistika
Vol. 3 No. 2 (2023): Mei-Agustus

ESTIMASI MAKSIMUM LIKELIHOOD UNTUK PARAMETER DALAM MODEL REGRESI BETA: ESTIMASI UNTUK PARAMETER MODEL REGRESI BETA

Elga Dwi Suanda (Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
Wayan Somayasa (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Muhammad Kabil Djafar (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas estimasi maksimum likelihood untuk parameter pada model regresi beta. Sebelum memulai proses estimasi, terlebih dahulu dilakukan uji goodness-of-fit untuk mengetahui apakah variabel bebas berdistribusi beta. Kemudian, dilakukan pemilihan model terbaik menggunakan metode AIC (Akaike Information Criterion) sehingga didapatkan bahwa model polinomial berderajat 5 adalah yang terbaik. Dalam proses estimasi, fungsi log-likelihood model regresi beta tidak dapat diselesaikan secara analitik, sebab bukan merupakan fungsi yang linear. Sehingga parameter dan diestimasi dengan pendekatan numerik menggunakan metode Newton-Raphson. Terakhir, akan dibahas pula contoh pengaplikasian dari model regresi beta pada data pengaruh nilai IKK terhadap nilai IPM Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2020.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) diresmikan pada tahun 2020. Secara administrasi JMKS diasuh oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO dan berada di bawah pembinaan langsung Dekan FMIPA dan ketua Jurusan Matematika FMIPA UHO. Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) merupakan media ...