BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra
Vol 4, No 01 (2023): Mei 2023

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMA Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning

Arwan Arwan (STKIP Harapan Bima)
Abas Oya (STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa SMA Negeri 2 Lambu menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan menulis atau memproduksi teks eksplanasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada metode deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari aktivitas peserta didik atau siswa di sekolah. Selain itu, penelitian ini mengguakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk melakukan observasi data di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi yaitu dari 36 siswa, sebanyak 28 siswa telah memenuhi standar yang ditetapkan. Dengan demikian terjadi kenaikan sebesar 33.3% dari hasil yang dicapai pada pertemuan pertama. Hal itu menunjukan bahwa model PjBL sangat tepat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Model PjBL dapat memaksimalkan kemampuan siswa dalam mencapai standar ketuntasan menulis teks eksplanasi. Sebelum model PjBL diterapkan nilai rata-rata kelas tidak memenuhi KKM yang ditentukan, yaitu 75. Setelah penerapan model PjBL pada siklus II terjadi peningkatan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Bahtra

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan ...