cover
Contact Name
Widia
Contact Email
lp3mstkiphabi@gmail.com
Phone
+6285333239255
Journal Mail Official
prodipbsi83@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP Harapan Bima Jl. Pendidikan SMA PGRI Bolo Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 27757633     EISSN : 27757625     DOI : 10.36312
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November
Articles 29 Documents
Effectiveness of Video Scribe Learning Media in Learning English Past Tense Material EKA RESTY NOVIETA SARI
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 2 (2021): November 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.928 KB)

Abstract

This study aims to improve learning outcomes of English by using videoscribe learning media. The subjects of this study were 30 class 1B. The object of this research was learning English past tense by using videoscribe. This research method is classroom action research using two cycles. Data collection techniques using observation, documentation and tests. The results of this study indicate that the increase in the average value of the class from the initial condition 44.16 to 78.63 and the increase in learning mastery from the initial condition of 20% increased to 93.33%.  
THE COMMUNICATIVE COMPETENCE OF UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PARTICIPANTS Abas Oya
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.039 KB)

Abstract

This study aims to determine the communicative competence of UAD participants in the Joint Thesis Writing Program at USANT from March to April 2018. Specifically, it seeks answers the question “What is the communicative competence of participants along: grammatical competence, linguistic competence, sociolinguistic competence, discourse competence and strategic competence?” The study revealed the following findings: On the level of communicative competence along: grammatical competence, the level of grammatical competence of the students are “Passed” on communicative competence. Along linguistic competence, the level of this competence revealed an average weight mean 3.65 which is verbally interpreted as “Often”. Along sociolinguistic competence, the level of sociolinguistic competence revealed an average weighted 4.38 and verbal interpreted as “Always”. Along discourse competence, the level of discourse competence revealed an average weighted 3.83 and verbal interpreted as “Often”. Similarly, along strategic competence, the level of strategic competence revealed an average weighted 3.88 and verbal interpreted as “Often”. Based on the findings and conclusions of this, the recommendations are proposed, to wit: The students should establish a clear standard of basic model of communicative competence, so that to achieve the level of communicative competence easily.
PENGUASAAN MATERI KETERAMPILAN MEMBACA MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP HARAPAN BIMA N Nurfidah
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.39 KB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dikuasai oleh mahasiswa, selain keterampilan menyimak, berbicara, dan menulis. Berdasarkan pengamatan dan pembelajaran keterampilan membaca yang telah dilakukan, permasalahan yang sering muncul dalam keterampilan membaca adalah kurangnya minat, motivasi, dan keseriusan sehingga rendahnya kemampuan untuk menguasai materi keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan mahasiswa terhadap materi keterampilan membaca. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada semester gasal tahun 2020/2021 yang berjumlah 11 orang. Data yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah berupa fakta di lapangan terkait penguasaan materi yang berfokus pada keterampilan membaca. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau hasil pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi keterampilan membaca termasuk kategori kurang. Hal ini dibuktikan dengan hasil jawaban mahasiswa dalam menjawab esai yang telah ditetapkan hanya empat mahasiswa yang memperoleh nilai dengan kategori sangat baik yaitu jumlah jawaban benar 80%-100%. Tujuh mahasiswa lainnya memperoleh nilai dengan kategori kurang yaitu  jumlah jawaban benar 45%-59%. Berdasarkan hasil analisis data, diharapkan bagi mahasiswa harus bisa memanfaatkan sebaik-baiknya perkualiahan yang telah ditentukan untuk meningkatkan penguasaan dan lebih kreatif dalam mencari referensi selain buku perkuliahan mata kuliah keterampilan membaca.
A Study Of Teaching English Speaking At Senior High School In Bima Wahyuddin Wahyuddin
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 2 (2021): November 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.218 KB)

Abstract

The objective of this study is to describe the teaching of English Speaking AT Senior High School (SMA) 2 Woha-Bima. This study is naturalistic case study were the researcher must stand-by at the school to getting and collected the data. The method of collecting data is observation, interview and documentation. The result shows that the curriculum of teaching English is tries to use Cambridge curriculum and  K13 Curriculum . The materials of the English teaching are taken form textbook, internet, and the other resources which related to the materials. The teacher activities in the classroom are; pre-activities, main-activities and post-activities. Besides, the teacher’s check student’s assignment and control them. Then, the methods of teaching English are communicative approaches, group discussion, speaking practice, and English club. The teacher is teaching the students dominated used English. Both of teacher and students are active in the classroom. For the assessing students by give the oral and written test. The teacher give the values is very objectives, it means the scores depend on student’s ability to finished the assignment or testing.
PEMAHAMAN GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP KOHESI LEKSIKAL DALAM TEKS CERPEN N. Nurfidah
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.462 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemahaman guru bahasa indonesia SMAN 1 Wera di Kabupaten Bima terhadap kohesi leksikal dalam teks cerpen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Bima. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode simak dan metode cakap. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa pemahaman guru bahasa Indonesia SMAN 1 Wera di Kabupaten Bima terhadap kohesi leksikal dalam teks cerpen berkategori mampu, karena semua responden mampu mengidentifikasi pemahamannya terkadap kohesi leksikal meliputi repetisi (pengulangan), sinonim (padan kata) / sinonim dekat, hiponim (hubungan atas-bawah), dan antonim (lawan kata) dalam teks cerpen.
PENGARUH CAMPUR KODE BAHASA BIMA TERHADAP NASIONALISME BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH Arwan Arwan; Nurul Istiqomah
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.727 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan campur kode terhadap nasionalisme Bahasa Indonesia di sekolah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu simak, dokumentasi, wawancara, dan terjemahan. Instrumen penelitian adalah buku dan balpoin, handphone, kamera digital dan peneliti itu sendiri yang dapat mencapainya. Diperoleh hasil simpulan: bahwa ditemukan penggunaan campur kode berbentuk kata, frase dan klausa. Oleh karena itu, pemilihan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap timbulnya nasionalisme Bahasa Indonesia di sekolah. Hal ini dinyatakan juga dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 berbunyi Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, berfungsi sebagai bahasa pengantar resmi di dalam dunia pendidikann. 
Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Bima Rohani Rohani
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.175 KB)

Abstract

tahap, yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 25 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah jika nilai prestasi belajar siswa di atas KKM yaitu 70 dan target ketuntasan belajar 85%. Maka berdasarkan hasil analisis data dan pembahasa menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan belajar pada prasiklus yaitu 40%, siklus I yaitu 52% dan siklus I yaitu 88%.  Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70% dan siklus II yaitu 93%. Selain itu, aktivitas guru juga meningkat secara signifikan dari 80% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Prediction Guide dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa  kelas kelas VIII SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021.
PENCAPAIAN KEBUTUHAN BERTINGKAT TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AL-KHAITU AR-RAFĪ‘U KARYA IḤSĀN ‘ABDU AL-QUDDŪS: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA Nurul Istiqomah; A. Arwan
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.954 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perjuangan yang dilakukan oleh tokoh utama dalam novel al-Khaitu ar-Rafī‘u karya Iḥsān ‘Abdu al-Quddūs dalam memenuhi kebutuhan bertingkat berdasarkan teori psikologi sastra. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teori psikologi humanistic Abraham Maslow. Teori yang digunakan adalah teori struktural dan teori psikologi. Teori struktural digunakan untuk mengetahui tokoh utama. Teori psikologi yang digunakan menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan bertingkat berdasarkan teori humanistik Abraham Maslow. Dalam novel ini ditemukan bahwa tokoh utama berjuang dan mengalami penderitaan dalam pencapaian kebutuhan bertingkat dari yang paling mendasar, kebutuhan fisiologis, hingga yang paling tinggi, yaitu aktualisasi diri. 
THE USE OF E-DIARY TO IMPROVE STUDENT’S WRITING SKILL Abas Oya; Meisyaroh Meisyaroh; Kamsini Kamsini
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.351 KB)

Abstract

This journal aims to implement E-diary to improve students’ writing skill. Writing is the most difficult thing to do for most students in the classroom. Students often find difficulties to write their ideas in limited time and the condition of the classroom. Some students were also annoying to their other friends.  To improving the writing skill, It is also needed to practice it routinely.  One of the ways to improve students’ writing skill is E-diary writing. By using E-diary writing, students can practice writing the daily experience routinely whenever and wherever without limiting by the time.  E-diary also can make diary writing more interactive and exciting.
REVITALISASI NILAI EDUKATIF DALAM BUDAYA KAPATU UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEREMPUAN MASYARAKAT BIMA A. Haris; Subhan Subhan; Deden Supriadin; Misnawati Misnawati
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 2 (2021): November 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.614 KB)

Abstract

Kapatu memiliki nilai adiliuhung yang digunakan masyarakat Bima dalam mendidik anak. Sebagai budaya masyarakat Bima yang memiliki nilai edukatif, kapatu harus direvitalisasi dalam membentuk karakter perempuan masyarakat Bima dewasa ini. Hal itu dilakukan, adanya fenomena dari perilaku perempuan masyarakat Bima yang melanggar norma-norma masyarakat Bima. Berdasarkan hal itu, adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan revitalisasi nilai edukatif dalam budaya kapatu untuk membentuk karakter perempuan masyarakat Bima. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan sastra lisan. Data penelitian ini bersumber dari dua pelantun kapatu, yaitu Tarman N. Jafar dan Khadijah. Data penelitian ini ialah berupa larik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yaitu observasi, wawancara, transkripsi data, dan dibaca secara komprehensif maupun kritis. Tekniik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian ini ialah nilai edukatif yang terkandung budaya kapatu dapat membentuk karakter rendah hati, bersyukur, taat beragama, berani, tekun, kerja keras, kuat, berpendirian teguh, sabar, saling menghargai, toleran, setia, demokratis, peduli sosial dan sederhana bagi perempuan masyarakat Bima

Page 1 of 3 | Total Record : 29