Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI DAYA 1 KOTA MAKASSAR

Nur Diana (Universitas Bosowa)
Muhammad Asdam (Universitas Bosowa)
Andi Hamsiah (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V B UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi dan angket untuk mengetahui keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia, dan teknik tes digunakan untu mengetahui hasil belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian, berdasarkan pengisian angket dan lembar observasi tentang keaktifan siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa di kelas V adalah bervariasi atau berbeda-beda. Adapun hasil analisis data mengenai keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa diperoleh kesimpulan yaitu ada pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar, dari perolehan hasil perhitungan korelasi product moment dengan rhitung sebesar 0,4414. Hasil product moment tersebut lebih besar dari nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan nilai 0.3809. Hal ini menunjukan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yaitu ada pengaruh pengaruh keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kota Makassar. Kata kunci: Pengaruh, Keaktifan, Hasil Belajar Siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...