Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 290 INPRES KASISI’ KABUPATEN TANA TORAJA

Millenia Olvina Sanna (Universitas Bosowa)
Muhammad Asdam (Universitas Bosowa)
Nursamsilis Lutfin (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Millenia Olvina Sanna, 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 290 Inpres Kasisi’ Kabupaten Tana Toraja. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa. Dibimbing olehMuhammad Asdam. dan Nursamsilis Lutfin. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui efektivitas pada motivasi dan hasil belajar model pembelajaran interaktif pada materi tematik siswa kelas V SDN 290 Inpres Kasisi’. Jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, yang akandigunakan dalam penelitian ini adalah desain pre- eksperimental dengan jenis satu kelompok one-grouppretest-posttest. Adapun Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN 290 Inpres Kasisi’ Tahun Ajaran 2021/2022 dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SDN 290 Inpes Kasisi’ yang berjumlah 21 orang (eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuisoner), tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran interaktif sangat efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Penggunaan model pembelajaran interaktif membuat peserta didik termotivasi dalam belajar membuat peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang baik dapat diraih oleh semua peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...