Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN ICE BREAKING (GODIBERMEN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 26 MANGKACA PANGKEP

Siti Rahmaniah (Universitas Bosowa)
Sundari Hamid (Universitas Bosowa)
Fathimah Az Zahra Nasiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

ABSTRAK SITI.RAHMANIAH.AMIR.2020.Skripsi. Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking (Godibermen) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 26 Mangkaca Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan dibimbing oleh Sundari Hamid dan Fathimah Az Zahra Nasiruddin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking (Godibermen) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V pada Sekolah Dasar Negeri 26 Mangkaca di Kabupaten Pangkep. Jumlah Sampel pada penelitian sebesar 64 Siswa, yang terbagi menjadi masing-masing 32 siswa perkelompok. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan analisis data menggunakan teknik penskoran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen post test meningkat menjadi 77,84 yang sebelumnya atau pada pre test hanya 36,86. Berdasarkan hasil uji t-test nilai t-hitung 10,393>1.697 nilai t- tabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran ice breaking (godibermen) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas V. Kata Kunci: Teknik Pembelajaran Ice Breaking, Hasil Belajar Matematika ABSTRACT SITI.RAHMANIAH.AMIR.2020.Thesis. The Influence of Ice Breaking (Godibermen) Learning Techniques on the Motivation to Learn Mathematics in Class V Elementary School 26 Mangkaca Pangkep, South Sulawesi Province, supervised by Sundari Hamid and Fathimah Az Zahra Nasiruddin. The purpose of this study was to determine the effect of the Ice Breaking Learning Technique (Godibermen) on the Mathematics Learning Outcomes of Class V Students at the 26 Mangkaca State Elementary School in Pangkep Regency. The number of samples in the study was 64 students, which were divided into 32 students in each group. The research method used is a quasi-experimental with data analysis using a scoring technique. The results of this study indicate that the average value in the post-test experimental class increased to 77.84 previously or in the pre-test only 36.86. Based on the results of the t-test, the t-count value is 10.393> 1.697 the t-table value and the significance value is 0.000 which means it is smaller than 0.05, thus it can be concluded that the ice breaking (godibermen) learning technique has a significant effect on learning outcomes in mathematics in class students. V. Keywords: Ice Breaking Learning Techniques, Mathematics Learning Outcomes

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...