Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan enam indikator dalam pengaruh perhatian orang tua yakni, pemberian bimbingan belajar, pengawasan terhadap anak, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan kebutuhan belajar, menciptakan suasana belajar yang tenang dan tentram, dan memperhatikan kesehatan, diperoleh nilai rata-rata indikator sebesar 81,04%, dan fasilitas belajar sebesar 83,09%, terbukti mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Dari hasil uji regresi berganda diperoleh bahwa nilai nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa variabel perhatian orang tua dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar.
Copyrights © 2023