Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MAKASSAR

Sardiman Amijoyo (universitas bosowa)
Jainuddin (Unknown)
Sundari Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan enam indikator dalam pengaruh perhatian orang tua yakni, pemberian bimbingan belajar, pengawasan terhadap anak, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan kebutuhan belajar, menciptakan suasana belajar yang tenang dan tentram, dan memperhatikan kesehatan, diperoleh nilai rata-rata indikator sebesar 81,04%, dan fasilitas belajar sebesar 83,09%, terbukti mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Dari hasil uji regresi berganda diperoleh bahwa nilai nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa variabel perhatian orang tua dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...