Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS II UPT SPF SD INPRES LAE-LAE 1 MAKASSAR

Arniati Arifin (Universitas Bosowa)
Asdar Asdar (Universitas Bosowa)
Nursamsilis Lutfin (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-lae 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu metode dengan mengumpulkan data, disusun dan di analisis sehingga memberikan kebenaran, yang bertujuan untuk mengungkapkan fakta, fenomena, dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mengalami kesulitan belajar ada 21 siswa sedangkan 1 siswa tidak mengalami kesulitan dalam membaca. Adapun faktor penyebab siswa kesulitan dalam belajar yakni kemalasan dan tidak memiliki minat untuk belajar, tidak ada dorongan dari orang tua untuk anaknya belajar di rumah, kurang motivasi dari orang tua. Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar Bahasa Indonesia siswa pada keterampilan membaca di kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-lae 1 Makassar masih kurang baik. Kata Kunci: Analisis Faktor, Kesulitan Belajar, Keterampilan membaca

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...