Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Kecemasan dan Self-Efficacy Siswa Kelas VII SMPN 2 Sanggalangi Satap terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Elsiana Tappi' Mangampang (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa)
Sundari Hamid (Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa)
Jainuddin Jainuddin (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan dan self-efficacy siswa kelas VII SMPN 2 Sanggalangi Satap terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode tes. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan yang berbeda, memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika yang sama. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy rendah, memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika yang tinggi, begitupun sebaliknya terdapat siswa yang memiliki self-efficacy yang sedang dan tinggi, tetapi memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika yang tergolong rendah, sedang, dan tinggi. Adapun hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kecemasan dan self-efficacy siswa kelas VII SMPN 2 Sanggalangi Satap terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kata kunci: Kecemasan, Self-Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...