Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Penerapan Metode Scavenger Hunt Games terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Bosowa School Makassar

Priscilia Indah Palangi (Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa)
Sundari Hamid (Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa)
St. Muriati (Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Priscilia Indah Palangi’, 2023. Pengaruh Penerapan Metode Scavenger Hunt Games Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Bosowa School Kota Makassar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Dibimbing oleh Sundari Hamid dan St. Muriati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode scavenger hunt games terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VIII SMP Bosowa School Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Eksperimen One Group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bosowa School Makassar 001 jumlah 11 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas soal, uji reliabilitas uji hipotesis, uji normalitas, dan uji homogenitas, dan uji analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini, diketahui bahwa pada nilai rata-rata pretest 68,09 dan nilai rata-rata postest adalah 86,71. Dengan demikian penelitian dikatakan berhasil karena adanya peningkatan nilai hasil rata-rata sebelum dan setelah diberikan perlakuan penerapan metode scavenger hunt games.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...