Journal Transformation of Mandalika
Vol. 4 No. 7 (2023)

STRATEGI GURU PENGGERAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA SMAN I LEMBAR

Ahmad Muslim (Universitas Pendidikan Mandalika)
Gita Ramdayani (Universitas Pendidikan Mandalika Mataram)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru penggerak dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penggerak, 2 guru mata pelajaran BK, dan 5 siswa kelas XI. Siswa yang dipilih adalah siswa yang berprestasi, siswa biasa, dan ketua OSIS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Strategi guru penggerak dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa yang dilakukan oleh guru penggerak dimulai dari a) Membuat konsep belajar yang jelas dan memuat keterampilan sosial emosional (KSE), b) Melakukan pembelajaran yang menerapkan kesepakatan dan keyakinan agar peserta didik tidak semau-maunya bermain di kelas, c) membiasakan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai 2) faktor pendukung dan penghambat guru penggerak dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa kesadaran diri siswa dan pengaruh dari lingkungan tempat tinggal siswa. Dengan demikian, beberapa perubahan dari siswa ada yang malu dan kurang percaya diri untuk berbicara maupun tampil kedepan tetapi setelah kita memberikan kesempatan kepada siswa tersebut dan setelah kita memberikan pemahaman tentang pentingnya menyampaikan atau persentasi mereka bisa percaya diri bagaimana berkomunikasi dalam menyampaikan ide maupun pendapat di dalam kelas.

Copyrights © 2023