Pasar e-commerce Indonesia diperkirakan dapat menjadi kontributor pertumbuhan utama di Asia Pasifik. Berdasarkan analisis RedSeer, pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan dapat meningkat menjadi US$137.5 miliar pada tahun 2025. Pada perkembangannya, e-commerce memerlukan suatu sistem rekomendasi. Sistem rekomendasi adalah aplikasi perangkat lunak yang menyediakan atau menyarankan item kepada pengguna. Sistem ini menggunakan teknik penyaringan untuk memberikan rekomendasi. Teknik berbasis konten diadopsi karena bersifat user independent. TF-IDF (Term Frequency Inverse Document Frequency) dan kesamaan kosinus digunakan untuk menentukan seberapa relevan atau miripnya produk dengan produk lainnya. Hasil dari penelitian ini sistem telah berhasil memberikan rekomendasi produk yang cukup relevan dengan nilai rata-rata precision 0.855 atau 85% dengan hasil rekomendasi yang ditampilkan hanya produk yang memiliki score kemiripan minimal 0.1 dan maksimal 1. Selain itu, e-commerce tidak lepas dari potensi ancaman dari peretas karena biasanya perusahaan e-commerce menyimpan datanya di lokasi terpusat (centralized). Namun masalah keamanan tersebut dapat dijawab melalui penggunaan teknologi blockchain.
Copyrights © 2023