Metamorfosis: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya
Vol. 16 No. 1 (2023): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2023| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Penga

UPAYA MENINGKATKAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING: (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Semester II Prodi Pendidkan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Tahun Akademik 2022/2023)

Rina Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan Teknik Probing pada Mahasiswa Semester II di Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Universitas Bale Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi ekperimen One group Pretest-Posttest Design. Pengukuran kemampuan berpikir kritis dilakukan sebelum dan sesudah sampel penelitian diberi perlakuan yaitu dipergunakannya teknik probing dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait teks wacana Bahaasa Indonesia yang disajikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Teknik Probing sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

metamorfosis

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

METAMORFOSIS merupakan terbitan jurnal ilmiah dalam lingkup kebahasaan, Sastra, dan pengajarannya yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung untuk mempublikasikan hasil karya tulis ilmiah Dosen maupun ...