AbstrakLiterasi matematis merupakan suatu kemampuan siswa dalam merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasikan konsep matematika dalam berbagai konteks yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Adapun faktor yang berpengaruh pada literasi matematis yaitu gaya kognitif dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa bergaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah model PISA pada konten quantity dan konten uncertainty and data berdasarkan gender. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Subjek yang dipilih sebanyak 10 siswa bergaya kognitif impulsif dari 30 siswa kelas IXE SMP Negeri 2 Talun. Pada penelitian ini, calon subjek diberi soal tes MFFT, untuk memperoleh subjek dengan gaya kognitif impulsif. Kemudian siswa yang menjadi subjek penelitian diberi masalah literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematis siswa impulsif perempuan dan laki-laki yaitu dapat mengidentifikasi masalah, dapat menjelaskan model matematika, mampu merancang dan menerapkan strategi penyelesaian masalah. Namun, siswa impulsif perempuan lebih lengkap dan tepat dalam menerapkan strategi penyelesaian masalah dibandingkan dengan siswa impulsif laki-laki. Selanjutnya, literasi matematis siswa impulsif perempuan dan laki-laki dalam menyelesaikan masalah konten uncertainty and data yaitu hanya dapat mengidentifikasi masalah. Ketercapaian indikator literasi matematis dari siswa laki-laki dan perempuan adalah sama, hanya saja siswa perempuan sedikit lebih lengkap dalam menerapkan langkah-langkah penyelesaian masalah.AbstractMathematical literacy is a students' ability to formulate, use, and interpret mathematical concepts in various contexts related to everyday life. The factors that influence mathematical literacy are cognitive style and gender. This study aims to describe the mathematical literacy of students with impulsive cognitive styles in solving PISA model problems on quantity and uncertainty and data based on gender. The method used is qualitative-descriptive. The research subjects selected were 10 students with an impulsive cognitive style from 30 students in class IXE at SMP Negeri 2 Talun. In this study, prospective subjects will be given MFFT test questions, to get subjects with an impulsive cognitive style. Then students who become research subjects are given mathematical literacy problems. The results showed that the mathematical literacy of female and male impulsive students was able to identify problems, able to explain mathematical models, able to design and implement problem solving strategies. However, female impulsive students are more complete and precise in implementing problem solving strategies compared to male impulsive students. Furthermore, the mathematical literacy of female and male impulsive students in solving uncertainty and data content problems is only able to identify problems. The achievement of indicators of mathematical literacy of male and female students is the same, it's just that female students are slightly more complete in implementing problem solving steps
Copyrights © 2023