Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yakni dengan melakukan uji statistik deskriptif, uji prasyarat, analisis regresi sederhana, analisis determinasi, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan program perangkat lunak SPSS 16.0 untuk memastikan pengaruh yang diberikan oleh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Menurut hasil analisis verifikatif, didapat bahwa adanya pengaruh positif antara minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik sebesar 13,4%. Untuk nilai t hitung 2,339 > 2,048 (t tabel), dan nilai signifikansi pengaruh antara minat belajar peserta didik (X) dengan hasil belajar matematika (Y) adalah 0,027 < 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa minat belajar peserta didik berpengaruh pada hasil belajar matematika peserta didik.
Copyrights © 2023