Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT)
Vol. 4 No. 6 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (Juli - Agustus 2023)

Peningkatan Kinerja dan Kepuasan Kerja : Motivasi, dan Komitmen Organisasi (Studi Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia)

M. Afuan (Universitas Putra Indonesia YPTK, Padang, Indonesia)
Hapzi Ali (Universitas Bayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia)
Zefriyenni Zefriyenni (Universitas Putra Indonesia YPTK, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor sentral dalam mengelola suatu organisasi. Namun kecanggihan teknologi yang digunakan tanpa dukungan manusia sebagai pelaksana kegiatan operasional tidak akan mampu menghasilkan output yang sesuai dengan tingkat efisiensi yang diharapkan. Penelitian sebelumnya atau yang relevan merupakan hal mendasar dalam sebuah penelitian atau artikel karya ilmiah. Penelitian terdahulu atau penelitian yang relevan berfungsi untuk memperkuat suatu teori dan fenomena tentang hubungan atau pengaruh antara masing-masing variabel. Artikel ini mengulas tentang Penentuan Kinerja dan Kepuasan Kerja: Motivasi, dan Komitmen Organisasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Motivasi berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja; 2) Motivasi mempengaruhi kinerja; 3) Komitmen Organisasi berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja; 4) Komitmen Organisasi berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja; dan (5) Kepuasan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja. Kinerja karyawan dan kepuasan kerja akan tercapai jika suatu organisasi dapat memperhatikan beberapa aspek penting seperti sumber daya manusia, motivasi yang diberikan, komitmen organisasional karyawan, dan kepuasan kerja serta aspek lainnya. Hal ini menjadikan manajemen sumber daya manusia sebagai faktor yang sangat penting untuk mencapai hasil kerja yang optimal dalam mencapai suatu tujuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMT

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen dan Ekonomi. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi ...