Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 2 No. 3 (2023)

Multimedia Interaktif Berbasis Contekstual Teaching Learning Pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar

Ika Khoirunisa (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Riawan Yudi Purwoko (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Titi Anjarini (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Matematika hingga saat ini masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipelajari oleh sebagian besar siswa di sekolah dasar. Multimedia interaktif dapat menjadi solusi agar matematika dapat digemari. Selain itu, pembelajaran dengan Contekstual Teaching  Learning (CTL) juga dapat menjadikan matematika menjadi lebih bermakna sehingga siswa mudah memahaminya. Penelitian ini merupakan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis CTL yang layak serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan sederhana. Penelitian pengembangan ini meggunakan model ADDIE. Pelaksanaan penelitian di SD Negeri Grantung dengan subjek adalah seluruh peserta didik kelas III dengan jumlah 22 orang. Kelayakan multimedia interaktif berbasis CTL  ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kevalidan rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi ahli media yaitu 3,67 dengan kriteria sangat valid. Rata-rata hasil validasi oleh ahli materi memperoleh 3,33 dengan kategori valid. Rata-rata dari praktisi memperoleh 3,53 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan kepraktisan pada uji coba terbatas diperoleh rata-rata 3,85 dan pada uji coba lebih luas diperoleh 3,72 dengan kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil tes secara keseluruhan dengan persentase 92,85% dengan kriteria efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis CTL yang dikembangkan telah layak serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan sederhana di kelas III sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...