Jurnal Nutrisi Ternak Tropis (JNT)
Vol. 6 No. 2 (2023): JNT Jurnal Nutrisi Ternak Tropis September

Analisis Kualitas Nutrisi Konsentrat Pakan Sapi Potong Dengan Variasi Waktu Pencampuran Pakan Menggunakan Mixer Vertical

M. Fadhlirrahman Latief (Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, 90245, Indonesia)
Hasrin (Program Studi Teknologi Produksi Ternak, Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin, Kabupaten Sidenreng Rappang, 91611, Indonesia)
Ichlasul Amal (Program Studi Teknologi Pakan Ternak, Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin, Kabupaten Barru, 90711, Indonesia)
St. Chadija (Program Studi Pengelolaan Perkebunan Kopi, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, 90761, Indonesia)
Fitria Nur Aini (Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Politeknik Pembangunan Pertanian, Kabupaten Malang, 65215, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh waktu pencampuran pakan yang berbeda terhadap kualitas nutrisi konsentrat pakan sapi potong dalam fase penggemukan, Bahan baku yang digunakan meliputi dedak padi, bungkil kelapa, tepung ikan, tongkol jagung, dan kulit kopi. Data nutrisi yang diamati mencakup kadar air, kadar abu, protein kasar, lemak kasar, dan serat kasar pada enam waktu pencampuran yang berbeda 5, 10, 15, 20, 25, dan 30 menit dengan masing-masing 3 ulangan pada rancangan acak lengkap. Hasil analisis menunjukkan variasi yang signifikan dalam kualitas nutrisi pada berbagai waktu pencampuran. Terdapat kecenderungan menurunnya kadar air dalam pakan seiring dengan peningkatan waktu pencampuran. Selanjutnya, perubahan waktu pencampuran cenderung mempengaruhi kadar abu, protein kasar, lemak kasar, dan serat kasar secara beragam. Selain itu, ditemukan bahwa waktu pencampuran 15 menit memiliki perbedaan yang nyata (P<0,05) dengan 12,91 % kandungan protein kasar. Penemuan ini mengindikasikan bahwa waktu pencampuran pakan memiliki dampak yang signifikan pada kualitas nutrisi konsentrat pakan sapi potong dalam fase penggemukan. Pemahaman lebih lanjut tentang interaksi antara waktu pencampuran dan karakteristik bahan baku dapat berkontribusi pada pengembangan strategi pencampuran yang lebih efektif dan optimal untuk memastikan kualitas nutrisi yang lebih baik dalam pakan ternak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jnt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Immunology & microbiology Veterinary

Description

Jurnal Nutrisi Ternak Tropis (JNT) adalah jurnal bebas akses yang diterbitkan oleh Minat Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya. JNT adalah jurnal peer-reviewed yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan September. JNT bertujuan untuk mempublikasikan hasil ...