Dinamika Publik: Jurnal Manajemen dan Administrasi Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2023): Mei : DINAMIKA PUBLIK

Visualisasi Data Finansial Investasi : Berdasarkan Age (Umur) & Gender (Jenis Kelamin) dalam memilih Debentures (Obligasi) Melalui pendekatan Data Science Menggunakan Google Colab.

Dimas Wahyu Pangestu (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Jojok Dwiridotjahjono (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Pada era digital ini, investasi dan pasar saham merupakan salah satu topik yang cukup menarik untuk dibahas dalam dunia keuangan. Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi telah memungkinkan semua orang untuk mengumpulkan serta mengakses data finansial dalam volume data yang besar, luas, dan beragam atau biasa disebut dengan “Big Data”. Selain itu, dengan kemajuan dalam teknologi telah memunculkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan pembelajaran mesin (machine learning), yang sangat membantu dalam analisis deskriptif investasi dan pasar saham. Algoritma canggih dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola, tren, dan korelasi yang tidak terlihat secara manual dalam data finansial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dataset finance yang diperoleh dari platform Kaggle dengan menggunakan Google Colaboratory dan menggunakan 4 metode yaitu analisis use case, K-NN, K-Means dan Decision Tree.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DINAMIKAPUBLIK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal ini fokus untuk mempublikasikan berbagai hasil penelitan dari berbagai disiplin ilmu bidang Manajemen dan Administrasi Bisnis dan berbagai ilmu ...