Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 9 No 2 (2023): el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Evaluasi Model CIPP pada Program Tahfizh Masjid Syachrir Fatimah

Husnussaadah Husnussaadah (Institut Parahikma Indonesia)
Siti Syamsudduha (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muhammad Nur Akbar Rasyid (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi program tahfizh al-Qur’an di Pondok Masjid Syahrir Fatimah dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara. Ditinjau dari contex hasil penelitian ini adanya implementasi program yang dilakukan sudah tersusun dan terjadwal dengan baik, ditinjau dari inpit seperti sumber daya (pembina / musyrif) yang kompeten sehingga mendapatkan pembinaan yang intensif serta fasilitas yang memadai sehingga dapat menunjang dari program tahfidz, ditinjau dari process pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan program dan jam wajib yang telah ditentukan dan disepakati dalam menghafal al-Quran, sedangkan jika ditinjau dari product: pencapaian santri dalam menghafalkan al-Qur’an sudah berjalan sesuai program, santri mampu menghafalkan al-Qur’an dengan fasih. Melalui evaluasi dengan model CIPP peneliti membantu melihat program tahfidz yang dilaksanakn sehingga sumber daya bisa dikatakan efektif dan efisien penggunaanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

el-idarah

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Management Pendidikan islam (el-Idarah) menerbitkan naskah artikel 2 kali dalam setahun (Juni dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Pendidikan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Manajemen Pendidikan Islam, Sistem ...