Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media science comic, mengetahui respon siswa dan guru, serta hasil pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media science comic. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah para siswa/i kelas VIII di SMP Negeri 1 Kuala. Subjek uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa, sedangkan subjek uji coba skala besar sebanyak 20 siswa pada kelas VIII-I. Hasil validitas produk dari segi materi didapatkan nilai rata-rata sebesar 85% dan validitas dari segi media didapatkan nilai rata-rata sebesar 86,6%, artinya produk sangat layak digunakan. Hasil kepraktisan dari guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil respon siswa skala kecil dan besar diperoleh persentase berturut-turut 88,75% dan 81,75% dengan kategori sangat baik. Data hasil pemahaman konsep siswa dilakukan uji normalitas, uji T-test one sample dan uji N-Gain. Hasil rata-rata pada pretest dan posttest siswa berturut-turut adalah 29,5 dan 71,75. Pengembangan media science comic mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan memperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 59% sedangkan hasil uji T-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan science comic.
Copyrights © 2023