Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
Vol 8, No 2 (2023): Juli 2023

Inovasi Pembelajaran: Software Pendukung Pembelajaran Kearsipan

Budi Santoso (Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Sambas Ali Muhidin (Unknown)
Hendri Winata (Unknown)
Aswari Aswari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Salah satu masalah yang menarik untuk dikaji dan menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah tentang efektivitas pembelajaran kearsipan. Permasalahannya adalah belum sepenuhnya ada model pembelajaran kearsipan yang dapat dirujuk oleh dosen-dosen sebagai standar yang dapat digunakan dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran kearsipan elektronik. Jenis penelitian ini adalah riset dan pengembangan (RD) dengan metode penelitian survey eksploratif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebagai sumber data adalah praktisi pendidikan (dosen dan guru) dan praktisi industri dan dunia kerja (iduka) di bidang kearsipan dan TIK. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan SWOT Analysis. Selanjutnya validasi dilakukan melalui diskusi terbatas (focused group discussion), untuk memperoleh pemahaman yang bermakna dari konteks yang diteliti. Dengan demikian hasil penelitian dapat ditafsirkan secara kreatif, terbuka, dan bermakna bagi perbaikan mutu hasil penelitian. Hasil yang diharapkan dari penelitian Arsip Software Pembelajaran adalah terciptanya software aplikasi untuk pembelajaran kearsipan di UPI yang sesuai kebutuhan industri dan dunia kerja (iduka) dan relevan dengan standar pengelolaan kearsipan nasional (ANRI), dan juga dapat menjadi acuan atau prototype bagi perguruan tinggi lainnya dan sekolah-sekolah dalam mengembangkan software aplikasi pembelajaran kearsipan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmanper

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in ...