Salah satu masalah yang menarik untuk dikaji dan menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah tentang efektivitas pembelajaran kearsipan. Permasalahannya adalah belum sepenuhnya ada model pembelajaran kearsipan yang dapat dirujuk oleh dosen-dosen sebagai standar yang dapat digunakan dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran kearsipan elektronik. Jenis penelitian ini adalah riset dan pengembangan (RD) dengan metode penelitian survey eksploratif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebagai sumber data adalah praktisi pendidikan (dosen dan guru) dan praktisi industri dan dunia kerja (iduka) di bidang kearsipan dan TIK. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan SWOT Analysis. Selanjutnya validasi dilakukan melalui diskusi terbatas (focused group discussion), untuk memperoleh pemahaman yang bermakna dari konteks yang diteliti. Dengan demikian hasil penelitian dapat ditafsirkan secara kreatif, terbuka, dan bermakna bagi perbaikan mutu hasil penelitian. Hasil yang diharapkan dari penelitian Arsip Software Pembelajaran adalah terciptanya software aplikasi untuk pembelajaran kearsipan di UPI yang sesuai kebutuhan industri dan dunia kerja (iduka) dan relevan dengan standar pengelolaan kearsipan nasional (ANRI), dan juga dapat menjadi acuan atau prototype bagi perguruan tinggi lainnya dan sekolah-sekolah dalam mengembangkan software aplikasi pembelajaran kearsipan.
Copyrights © 2023