Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Efektivitas Organisasi. Penelitian ini juga berguna bagi pengembangan Manajemen Pendidikan Islam khususnya berkaitan dengan teori manajemen dan teori perilaku organisasi. Penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan pada guru di SMAN 1 Langsa Populasi berjumlah 40 dengan teknik analisis berganda. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan path analysis dimulai dengan statistik deksriptif, uji prasyarat analisis (normalitas, homogenitas, linearitas) dan di lanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat: (1) Pengaruh langsung manajemen berbasis sekolah efektivitas organisasi adalah signifikan, berdasarkan tingkat signifikansi (Sig = 0.035 < 0.05) dan Rsquare 0.112 atau sebesar 11,2%; (2) Pengaruh langsung motivasi kerja terhadap efektivitas organisasi, dengan nilai signifikansi (Sig = 0.043 < 0.05) dan nilai Rsquare 0.104 atau sebesar 10.4%; (3) Pengaruh manajemen berbasis sekolah dan motivasi kerja terhadap efektivitas oganisasi dengan nilai Fhitung = 6.712 > Ftabel = 3.25 dan Rsquare 0.266 atau sebesar 26.6%. Implikasinya adalah manajemen berbasis sekolah yang efektif dan motivasi kerja yang baik, akan mempengaruhi semakin tinggi efektivitas organisasinya.
Copyrights © 2023