Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 3 (2023): DIDAKTIKA Agustus 2023

Pelaksanaan Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Menggunakan Media Kitab at-Tijan fi Syu’ab al-Iman kepada Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas

Daud Akhyari (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia)
Joko Subando (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya akhlak mulia yang dimiliki peserta didik di lingkungan pendidikan. Dalam berbagai program dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan SMA Al-Islam 1 Surakarta, banyak hal yang dapat ditiru, dimodifikasi, dan dapat dijadikan bahan dalam melakukan proses penanaman akhlak siswa di lingkungan sekolah. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai implementasi penanaman nilai moral dengan media kitab at-Tijan fi syu'ab al-iman pada siswa SMA Al-Islam 1 Surakarta dan identifikasi kendalanya. ditemukan di dalamnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif studi kasus. Peneliti memanfaatkan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mencari perolehan data yang valid untuk menunjang kebutuhan penelitian. Teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data merupakan teknik analisis data yang digunakan peneliti. Selanjutnya menggunakan triangulasi dalam menentukan keabsahan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi penanaman nilai-nilai akhlak terpuji dengan media kitab at-Tijan fi syu'ab al-Iman pada siswa SMA Al-Islam 1 Surakarta dilakukan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Sedangkan faktor yang memberikan kelancaran dan penghambat terbagi menjadi dua hal, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...