Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Vol. 10 (2023): Proceedings of Seminar Kebangkitan Nasional dan Call for Paper Universitas Muhammadi

LYP Sociology Rally: Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Society 5.0

Ruri Purnamawati (Universitas PGRI Yogyakarta)
Tarto Tarto (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana LYP (Loves Your Passion) Sociology Rally menjadi strategi pembelajaran berdiferensiasi menyongsong era Society 5.0 di SMA Negeri 5 Purworejo. Fenomena menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis IT yang sesuai prinsip merdeka belajar belum sepenuhnya dapat diimplementasikan secara tepat di lapangan. Masih ada pendidik yang terjebak dalam penggunaan IT sehingga mengalami kesulitan dalam merancang dan menerapkan pembelajaran berbasis IT yang tepat khususnya pada mata pelajaran sosiologi, akibatnya kualitas pembelajaran menurun dan tujuan pendidikan tidak tercapai. Penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap strategi pembelajaran LYP Sociology Rally. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data. Informan penelitian yaitu peserta didik kelas XII IPS dan pendidik pengampu mata pelajaran sosiologi. Teknik analisis data dibagi dalam empat tahapan, yaitu: (1) Pengumpulan data; (2) Reduksi data; (3) Penyajian data dan (4) Penarikan kesimpulan serta kemudian dipadukan dengan teori belajar konstruktivisme dan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang terdiri atas tiga teknik pelaksanaan yaitu diferensiasi konten, proses dan produk. Hasil penelitian yaitu LYP Sociology Rally menjadi salah satu strategi pembelajaran sosiologi yang berdiferensiasi dalam menyongsong era Society 5.0. LYP Sociology Rally dilakukan melalui model pembelajaran Problem Based Learning kemudian ditutup dengan kegiatan seminar secara on line. Pelaksanaan LYP Sociology Rally membutuhkan kolaborasi antar mapel dan keterampilan IT dari pendidik yang kreatif dan tetap humanis. Melalui LYP Sociology Rally peserta didik mampu mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi, berpikir tingkat tinggi atau HOTS serta meningkatkan keterampilan 4 C (creative, critical thinking, communication, collaboration). Sebagai pembelajaran yang berdiferensiasi, LYP Sociology Rally juga terbukti mampu menumbuhkan karakter peserta didik sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pssh

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Proceedings Series on Social Sciences & Humanities aims to publish proceedings from conferences on the scope: 1. Business, Management & Accounting 2. Social Sciences ...