Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pelanggaran kedisiplinan belajar siswa SD Negeri 03 Padang Sago. Pelanggaran yang sering terjadi dapat meganggu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelanggaran disiplin belajar siswa, upaya pihak sekolah dalam mengatasi pelanggaran disiplin belajar siswa, dan faktor penyebab siswa melakukan pelanggaran disiplin belajar siswa di SD Negeri 12 Cubadak Mentawai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan study documenter. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kemudian menarik keimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pelanggaran disiplin siswa yaitu terlambat datang kesekolah, tidak melaksanakan piket, tidak membuat PR, pakaian tidak lengkap, siswa keluar masuk kelas, alat tulis tidak lengkap, berjalan saat pembelajaran berlangsung, berbicara saat guru menerangkan dan menggunakan warna jilbab hitam. (2) Penyebab siswa melakukan pelanggaran disiplin ada dari Faktor internal yaitu malas belajar, bermain, tidak adanya kesadaran disiplin dalam diri. Faktor eksternal yaitu guru mengajar tidak menggunakan media, tidak ada variasi dalam mengajar, tugas yang diberikan oleh guru terlalu banyak, Perhatian guru kepada siswanya kurang, guru tidak bertanggung jawab atas kedisiplinan siswanya. (3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi pelanggaran yaitu menasehati, memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar, memanggil orang tua murid, memajang atribut sikap disiplin yang harus dikembangkan siswa SD dalam kurikulum 2013 dan tata tertib belajar disekolah
Copyrights © 2023