JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol. 5 No. 2 (2023): July Edition

Manajemen Lembaga Bimbingan Belajar “Cleona Course” Dalam Meingkatkan Prestasi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar

Resti Septikasari (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Tri Ratna Dewi (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Sugiarti (Universitas Nurul Huda OKU Timur)
Nor Kholidin (Unknown)
Zulaikha Wulandari (Universitas Nurul Huda OKU Timur)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat manajemen Lembaga bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil Penelitian ini adalah Langkah yang dilakukan pada Lembaga bimbingan belajar Cleona Course adalah sebagai berikut: 1) Pada tahap perencanaan yaitu menganalisis kondisi di Desa Margomulyo, menetapkan peserta yang akan mengikuti bimbingan belajar, menetapkan jenis kegiatan dan biaya, 2) Pada tahap pelaksanaan  yaitu dilakuan secara fleksibel meskipun terjadwal, 3) Pada tahap pengorganisasian yaitu memilih teknik mengajar yang tepat, memilih alat bantu belajar, memilih ukuran kelas yang tepat dan strategi yang tepat untuk mengajarkan aturan, prosedur, dan pelajaran yang kompleks, 4) Pada tahap pengawasan yaitu tutor meningkatkan keterampilan pedagogis, sosial, pribadi, dan professional, 5) Pada tahap evaluasi yaitu melalui observasi selama proses pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...