Kajian berikut dilakukan guna mengidentifikasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk meningkatkan budaya membaca peserta didik di sekolah dasar. Studi ini disebut sebagai tinjauan pustaka (Literature Review). Metode untuk menghimpun informasi termasuk membaca, menulis, melacak, dan mengolah data kajian secara objektif, terstruktur, analitis, dan kritis yang terkait dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dianggap sebagai salah satu inisiatif yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia. Tujuan dari Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan serta meningkatkan kualitas program akademik mereka. Berdasarkan temuan penelitian, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) mampu memperbaiki budaya membaca di kalangan peserta didik melalui langkah memperkenalkan buku-buku menarik yang tidak hanya berfokus pada ilmu pengetahuan, mengadakan kegiatan membaca selama sekitar 15 menit sebelum kelas dimulai, menyiapkan pojok baca dan jurnal, menciptakan lingkungan yang sangat kondusif atau kaya akan teks untuk membaca, mengadakan lomba yang mendukung kegiatan atau program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), buat perpustakaan yang ramah membaca dan menyelenggarakan kegiatan seperti reading group, morning motivation, story telling librarian, dan majalah dinding (mading).
Copyrights © 2023