Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

Membangun pendidikan multikultural melalui pendekatan inklusi dalam pembelajaran sosiologi

Septina Galih Pudyastuti (Universitas Sebelas Maret)
Yosafat Hermawan Trinugraha (Universitas Sebelas Maret)
Nurhadi (Universitas Sebelas Maret)
Saifuddin Zuhri (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Peningkatan kompetensi sebagai unsur profesionalitas guru tercermin dalam pembelajaran. Panduan kurikulum Merdeka membahas pendekatan inklusi sebagai wujud pendidikan multikultural. Inklusi merupakan strategi membangun lingkungan pendidikan yang setara bagi subyek pendidikan dengan perbedaan latar belakang dan kondisi. Mewujudkan pembelajaran Sosiologi dengan pendekatan inklusi masih menjadi kendala bagi sebagian guru MGMP Sosiologi di Surakarta. Kegiatan pengabdian ini berjenis research and development yang bertujuan memberikan pemahaman pendekatan inklusi melalui kegiatan sosialisasi. Salah satunya difasilitasi RG Habitus Pendidikan Sosiologi Antropologi UNS dengan menghadirkan seorang praktisi dan para guru yang tergabung dalam MGMP Sosiologi Surakarta. Produk luaran berupa representasi video pembelajaran di SMA N 8 Surakarta yang ditunjuk sebagai percontohan sekolah pendidikan inklusi di Surakarta. Video tersebut sekaligus sebagai bahan refleksi bagi guru dalam pembelajaran Sosiologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...