Rainstek : Jurnal Terapan Sains dan Teknologi
Vol. 5 No. 2 (2023): Juni

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas VII Smp PGRI 06 Malang

Rogasianus Subangweu Open (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Akhmad Jufriadi (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Chandra Sundaygara (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Problem Based Learning atau disebut model pembelajaran perbasis masalah memberikan kesempatan pada para murid untuk bekerja sama dalam pemecahan masalah kontekstual. Tujuan dilakukan penelitian ialah agar mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar fisika dan interaksi penerapan model pembelajaran problem based learning dan self regulated learning terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Selanjutnya methode yang dipakai yakni quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Peneliti memakai 2 kelas yaitu, kelas ekperimen dan kelas kontrol yang dilakukan pada semester genap. Subyek penelitian yakni siswa-siswi kelas VII A dan VII D SMP PGRI 06 Malang dengan jumlah masing-masing kelas 23 orang. Berdasarkan hasil uji statistik model pembelajaran terhadap prestasi mendapatkan nilai sig.0,000 < 0,05, sedangkan self regulated learning mendapat nilai sig. 0,000< 0,05, hasil uji statistik interaksi model pembelajaran problem based learning dengan self regulated learning diperoleh nilai sig 0,105> 0,05. Hasilnya, temuan penelitian tersebut membawa peneliti pada kesimpulan bahwa siswa-siswi yang belajar fisika dengan memakai model pembelajaran berbasis masalah berprestasi lebih baik daripada siswa-siswi yang belajar fisika dengan memakai model konvensional. Selain itu, siswa-siswi dengan self regulated learning yang tingi tampil lebih baik daripada siswa-siswi dengan self regulated learning rendah, dan tidak ada kaitannya dengan pemanfaatan model pembelajaran problem based learning dengan self regulated learning terhadap prestasi belajar IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi welcome article submissions from all applied science and technology research areas including Mathematics, Physics, Technology, and Information System . Papers relating directly or indirectly to all aspect of these fields are also welcome to submit. ...