Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep pada materi Hukum Newton menggunakan teori APOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain sequential explanatory. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sumberpucung dengan sampel sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa adalah soal three tier multiple choice untuk menganalisis pemahaman konsep yang dimiliki siswa, wawancara singkat, dan dokumentasi untuk mengetahui pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes sebanyak 14 soal. Setiap soal disertakan kolom CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal. Teknik analisis data diawali pengambilan data kuantitatif kemudian data kualitatif. Siswa dibagi menjadi 3 kategori yaitu siswa berkemampuan tinggi, sedang, rendah yang ditinjau dari prestasi belajarnya. Hasil analisis pemahaman konsep secara menyeluruh menunjukkan nilai rata-rata siswa untuk tahap aksi sebesar 67,20, proses 65,14, objek 60,93, dan skema 61,14, hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pemahaman konsep siswa termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 63,6%. Maka dapat disimpulkan siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi maka memiliki prestasi belajar yang tinggi, dan siswa yang memiliki pemahaman konsep rendah memiliki prestasi belajar yang rendah.
Copyrights © 2023