Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri
Vol 11, No 1 (2023): PROFISIENSI JULI 2023

PERBAIKAN PARAMETER UNTUK MENGATASI DEFECT BLUE HAZE PADA PROSES AUTO GLAZING DENGAN METODE TAGUCHI (PT. EXCELITAS TECHNOLOGIES BATAM)

Hery Irwan (University of Riau Kepulauan, Batam, Indonesia)
Alsyah Rizal (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

PT. Excelitas Technologies Batam (PETB) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur yang menghasilkan produk optoelektonik. Salah satu produk yang dihasilkan adalah lighting dan salah satu proses yang menghasilkan defect yang tinggi adalah proses auto glazing sebesar 4%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor mempengaruhi tingginya defect blue haze pada process auto glazing dan menetapkan parameter terbaik dengan menggunakan metode Taguchi. Dari hasil penelitian ini diperoleh untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan kombinasi parameter yaitu penggunaan 8 holes burner, suhu temperature di setting menjadi 1200 °C dan yang terakhir jarak antara benda dan sumber burner menjadi 9,5mm. Dari perubahan parameter tersebut diperoleh mengatasi defect blue haze rata-rata sebesar 3.9%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalprofisiensi

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

PROFISIENSI : Jurnal Program Studi Teknik Industri adalah jurnal publikasi ilmiah di bidang teknik industri, baik itu penelitian maupun kajian ilmiah. Naskah yang diterima merupakan naskah dari hasil penelitian ataupun hasil pemikiran yang berhubungan dengan teknik industri yang belum di ...