Beras merupakan salah satu produk pertanian yang saat ini banyak diproduksi karena melihat peluang yang tinggi akan kebutuhan masyarakat terhadap beras sebagai makanan pokok. Banyaknya produsen yang memproduksi beras dalam kemasan menyebabkan preferensi konsumen menjadi sangat penting karena referensi konsumen dapat menjadi informasi dasar dalam merancang sebuah produk yang akan diproduksi dan dipasarkan kepada konsumen. Pentingnya mengetahui bagaimana preferensi konsumen terhadap produk beras perlu dilakukan oleh gabungan kelompok tani Mitra Tani Sejati Kecamatan Silo Kabupaten Jember yang merupakan produsen beras kemasan merk Topi Tani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi masyarakat terhadap produk beras Topi Tani. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis konjoin untuk menganalisis data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen beras atau petani adalah perempuan, berusia produktif (25-55 tahun), berpendidikan setingkat SMA atau di atasnya, berasal dari Kecamatan Silo, memiliki pendapatan yang rendah, dan wiraswasta. Adapun atribut di dalam beras yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli produk beras Topi Tani diurutkan dari yang terpenting adalah harga, kemasan, warna dan kepulenan.
Copyrights © 2023