Besarnya produksi singkong menjadi peluang dalam tumbuhnya industri rumah tangga yang bergerak di bidang pengolahan singkong di Kabupaten Jember. Kendala dalam pemasaran keripik singkong diantaranya adalah hasil penjualan belum memenuhi target penjualan, promosi belum dikelola secara baik dan banyaknya pesaing. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Wanita Tani (KWT) “Sido Marem†Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember dengan tujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal pemasaran keripik singkong, formulasi alternatif strategi, dan prioritas strategi berdasarkan analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini diperoleh alternatif strategi antara lain memperluas areal jangkauan pemasaran keripik singkong untuk meningkatkan jumlah penjualan, meningkatkan kualitas produk, mengikuti pelatihan guna meningkatkan kapasitas SDM pemasaran dan kualitas kemasan guna mendapatkan akses pasar yang lebih luas, membangun kerjasama dengan jaringan pemasok bahan baku untuk mengatasi fluktuasi harga, menciptakan inovasi baru agar keripik singkong mampu bersaing dengan produk sejenis dan melakukan riset sederhana untuk mengetahui preferensi konsumen. Prioritas strategi adalah menciptakan inovasi baru agar keripik singkong mampu bersaing dengan produk sejenis dengan nilai TAS tertinggi yaitu 7,03
Copyrights © 2023