Jurnal Sinestesia
Vol. 13 No. 2 (2023)

Efek Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Berbantuan Media Livewire Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa

Yusnidah Yusnidah (Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan)
Asister Fernando Siagian (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Dodi Maulana (Lembaga Riset dan Pengembangan Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2023

Abstract

Kurikulum merdeka menekankan pembelajaran kolaboratif siswa untuk menyelesaikan masalah nyata di kehidupan sehari-hari karena kolaboratif merupakan salah satu keterampilan era industri yang harus terus diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa dalam memahami materi transistor sebagai penguat antara kelas yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah berbantuan media livewire dan kelas yang dibelajarkan hanya menggunakan model kolaboratif berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan yakni quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pada kelas eksperimen digunakan treatment model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah berbantuan media livewire, sedangkan kelas kontrol digunakan treatment pembelajaran dengan model kolaboratif berbasis masalah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa digunakan uji independent sample t, dengan hasil terdapat perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa dalam memahami materi transistor sebagai penguat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal sinestesia publishes articles in the field of learning, education, literature, linguistics, and ...