Jurnal Ilmiah Matematika Realistik
Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Matematika Realistik

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Matematika

Safia Sa'adilla (Universitas Samudra)
Sofiyan Sofiyan (Universitas Samudra)
Fadilah Fadilah (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pemecahan masalah atau pencarian solusi dalam matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar memiliki kemampuan berpikir kritis adalah dengan memilih dan menerapkan strategi atau model pembelajaran matematika yang tepat. Untuk melningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar dan menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan model Teams Games Tournament  pada pembelajaran matematika. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan SMP Negeri 10 Langsa. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Teams Games Tournament pada materi operasi himpunan berdasarkan hasil tes dan wawancara pada siswa kelas VII Khadijah. 1)Berdasarkan indikator memberikan penjelasan sederhana pada soal nomor 1, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. 2)Berdasarkan indikator membangun keterampilan dasar pada soal nomor 2, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. 3)Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 3, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. 4) Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 4, 4 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. 5) Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 3, 2 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. Disarankan kepada pihak sekolah serta guru matematika agar dapat menerapkan model – model pembelajaran yang bervariasi untuk melatih kemampuan siswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendidikanmatematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Relistik is a scientific journal published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. Focus of this journal is to publication of research results, result of studies and development ideas in the field of ...