JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol. 8 No. 3 (2023): Edisi Mei

Motivasi Belajar Pada Murid SDI Al Furqon Bangkalan Madura

Rini Nurahaju (Universitas Hang Tuah)
Husni Tamrin (Universitas Hang Tuah)
Ayu Komang Ardiana (Universitas Hang Tuah)
Rafysyany Heksamelia Junia (Universitas Hang Tuah)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini adalah menggambarkan motivasi belajar pada murid SDI Al Furqon Bangkalan Madura. Subjek penelitian sebanyak 30 orang. Alat ukur motivasi belajar berupa kuesioner skala Likert sebanyak 20 item. Hasil validitas alat ukur menunjukkan semua item valid. Reliabilitas menunjukkan skor 0,824. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi belajar pada murid SDI ini tergolong sedang. Temuan lainnya yaitu dimensi pembentuk motivasi ini didominasi keinginan murid untuk berhasil dalam belajar (21%), diikuti oleh dimensi penghargaan dalam proses belajar (20%) yang sama besarnya dengan dimensi kegiatan belajar yang menarik (20%), selanjutnya dimensi kebutuhan dalam belajar (16%), dimensi cita-cita masa depan (9%), dan yang terkecil adalah dimensi lingkungan yang kondusif untuk belajar (14%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...