Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 14, No 2 (2023)

Menggali Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah

Kharisma Romadhon (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Nur Hidayat (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Fildza Malahati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Afifah Rizki (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Ika Fitriyati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pembentukan karakter yang dapat dibentuk melalui kegiatan keagamaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan subjek penelitian ini adalah pembentukan karakter melalui kegiatan keagamaan. Lokasi survei ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di madrasah terdapat banyak kegiatan keagamaan antara lain sholat Dhuha secara berjamaah, hadroh, tahfidz Qur'an, dan Imtaq. Tentunya melalui kegiatan-kegiatan yang ada memberikan dampak yang positif bagi siswa dan bisa membentuk karakter anak dengan memperdalam relasi sosial keagamaan baik di dalam maupun di luar lingkungan madrasah. Kepribadian adalah ciri khas individu yang berupa tabiat, kepribadian, watak, dan tingkah laku yang diekspresikan dalam kehidupan sehari-hari. Keistimewaan yang dapat dibentuk dari kegiatan keagamaan ini adalah setelah menyelesaikan pendidikan di madrasah ini, anak-anak mampu mampu menghafal Al-Qur’an setidaknya satu Juz.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...