COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 6 No. 4 (2023)

PENERAPAN PERMAINAN TRADISONAL ORAY-ORAYAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA SUNDA SISWA SEKOLAH DASAR

Ardi Rudianto (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Iis Nurasiah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Irna Khaleda Nurmeta (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Budaya Sunda memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari budaya lain. Aksara sunda merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang berasal dari suku sunda. Aksara sunda sudah dinyatakan sebagai aksara asli yang dilindungi kelangsungannya dan wajib untuk dilestarikan. Setiap siswa sekolah dasar harus sudah bisa membaca aksara sunda. Akan tetapi, banyak dari siswa sekolah dasar saat ini yang tidak mengetahui dan mengerti dengan aksara sunda, sehingga untuk mengenalakan dan melestarikan budaya tersebut di sekolah dasar diajarkan membaca aksara sunda. Aksara Sunda harus dipertahankan, untuk mempertahankan aksara sunda penulis melakukan penelitian untuk mengetahui apakah melalui penerapan permainan tradisonal oray-orayan dapat meningkatkatkan keterampilan membaca aksara sunda. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Ciamhpar Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi kepada 13 orang peserta didik kelas IV. Penelitian telah dilakukan 2 siklus dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dimulai dengan perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes lisan membaca aksara ngalagena, lembar observasi siswa dan lembar obsevasi guru. Hasil dari penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca aksara sunda ngalagena pada siswa kelas IV. Peningkatan dapat terlihat dari hasil tes lisan membaca aksara ngalagena pada aksara sunda di kegiatan prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hal ini membuktikan bahwa permainan oray-orayan yang diterapkan dalam konsep pembelajaran membaca aksara sunda dapat meningkatkatkan kemampuan siswa dalam membaca akasara sunda. Dan bisa dimanfaatkan sebagai media belajar serta menggunakannya sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dalam mengeksplorasi potensi yang dimilikinya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...